Telegram Rodja Official

Zadul Mustaqni

Menukar Dinar dan Dirham

By  | 

Menukar Dinar dan Dirham adalah kajian yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 4 Dzul Hijjah 1439 H/ 16 Agustus 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Tukar Menukar Uang dengan Uang

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Kajian Tentang Menukar Dinar dan Dirham – Kitab Zadul Mustaqni

Ini merupakah permasalahan khilafiyah. Yaitu tentang bolehnya menukar dinar (uang emas) dan dirham (uang perak) dengan dinar atau dirham yang lain setelah terjadi akad. Disini terjadi khilaf oleh para ulama. Kalau untuk barang, jelas hal ini tidak diperbolehkan. Misalnya ketika seseorang ingin membeli laptop, lalu pembeli menunjuk satu barang namun penjual mengambilkan laptop yang baru dan bukan laptop display yang dipegang oleh calon pembeli tadi. Maka batal jual belinya. Hanya saja ini tergantung apakah pembeli mau dengan laptop display yang tidak ditunjuk tadi. Bila sudah ditunjuk, maka tertentu untuk itu saja.

Baca Juga:
Terapi Penyakit Hasad

Berbeda dengan dinar dan dirham. Apakah ketika sekarang mata uang adalah rupiah, misalnya ada pembeli yang mengeluarkan uang pecahan seratus ribu untuk membeli sebuah barang. Kemudian setelah terjadi akad, pembeli menggunakan uang pecahan lima puluh ribuan. Maka ini menurut Ibnu Qudamah rahimahullah jual belinya batal dan perlu diulang kembali akadnya. Namun menurut jumhur para ulama akadnya tidak perlu diulang, karena lembaran lima puluh ribu ataupun lembaran seratus ribu, harganya tetap sama. Kalau itu ditukar pun tidak boleh berlebih. Sehingga maksudnya sama. Baik lembaran baru atau lama, asal masih laku dan masih diakui oleh lembaga yang menerbitkan uang tersebut, maka pada dasarnya akadnya sah.

Simak penjelasan lengkap dan download MP3 kajian tentang Menukar Dinar dan Dirham – Kitab Zadul Mustaqni

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:
Kesalahan Ahlul Filsafat Memahami Al-Qur'an

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.