Orang Berakal Selalu Memeriksa Niat

By  |  pukul 8:35 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 29 Muharram 1440 / 09 Oktober 2018 pukul 8:35 pm

Tautan: https://rodja.id/22f

Orang Berakal Selalu Memeriksa Niat merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala (tamannya orang-orang yang berakal dan tamasyanya orang-orang yang mempunyai keutamaan) karya Abu Hatim Muhammad ibnu Hibban al Busty rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Dzul Hijjah 1439 H / 05 September 2018 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Memperbaiki Hati

Kajian Tentang Orang Berakal Selalu Memeriksa Niat – Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala

Orang yang berakal harus berusaha mempersiapkan dirinya di dunia untuk kehidupan di akhirat. Yaitu ketakwaan dan amal shalih dengan memperbaiki sesuatu yang tersembunyi dari dirinya.

Hati yang beriman kepada Allah dan kehidupan akhirat, dia akan menganggap bahwa amal shalih adalah kebutuhan hidupnya. Ketika ada rasa enggan, berarti dia merasa tidak butuh. Padahal itu merupakan kebutuhan yang luar biasa bagi seorang manusia untuk kehidupan dunia dan akhiratnya.

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 60 - 61 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ketika kita hendak melakukan ketaatan, coba kita periksa keikhlasan hati kita. Adakah keinginan dunia dari ibadah yang hendak kita lakukan? Adakah harapan ingin dipuji manusia? Inilah yang harus sering kita periksa. Apakah ketika kita handak shalat di masjid hanya karena mengharapkan dunia saja? Ataukah sudah betul-betul mengharapkan wajah Allah semata. Jangan ada niat lain selain Allah ketika kita pergi shalat ke masjid.

Maka wajib bagi kita ketika hendak beramal shalih, kita periksa terlebih dahulu niat kita. Lalu setelah itu kita juga harus menanyakan apakah ketaatan yang akan kita lakukan itu sesuai dengan perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Bila sesuai dan telah jelas ada dalilnya, maka kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

Dengan beningnya hati dan keikhlasan itu, maka anggota badanpun akan menjadi bersih. Orang yang senantiasa ikhlas mengharapkan wajah Allah semata dan tidak mengharapkan pujian dari manusia, maka Allah akan menjadikan anggota tubuhnya tidak mengharapkan sesuatu kecuali keridhaan Allah semata.

Baca Juga:  Islam Diasingkan (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Orang yang hatinya belum benar-benar ikhlas karena Allah, maka hatinya akan benar-benar terpengaruh oleh padangan setiap yang memandang. Orang yang tidak mempersiapkan barang dagangannya untuk pergi ke negeri orang, hakikatnya dia sedang tidak berdagang. Sesungguhnya orang yang menjual agamanya demi untuk sedikit kehidupan dunia, sungguh ia telah berdagang dengan perdagangan yang sangat merugikan.

Ini merupakan syair yang sangat indah. Dimana dalam syair itu disebutkan bahwa keikhlasan sangatlah penting didalam amal. Disaat keikhlasan kita kurang, kita akan sangat terpengaruh oleh mata yang memandang kita. Maka dari itu, para salafush shalih paling tidak suka memperlihatkan amalnya kepada orang lain.

Memeriksa Hati

Orang yang berakal akan berusaha memeriksa hatinya dengan datangnya waktu dan berusaha melindungi dirinya dari perkara-perkara yang terlarang serta memaksa dirinya untuk melaksanakan seluruh perkara-perkara yang diperintahkan.

Baca Juga:  Mukadimah - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Tentang Orang Berakal Selalu Memeriksa Niat – Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.