Telegram Rodja Official

Ilmu dan Takdir Allah

By  |  pukul 1:49 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 30 Shafar 1440 / 08 November 2018 pukul 10:14 am

Tautan: https://rodja.id/24m

Ilmu dan Takdir Allah merupakan rekaman kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Syarah Aqidah Thahawiyah karya Imam Ath-Thahawi rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 17 Shafar 1440 H / 26 Oktober 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Keagungan dan Kesempurnaan Allah

Kajian Tentang Ilmu dan Takdir Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Telah dijelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala memiliki sifat yang sempurna, nama-nama yang mulia. Kesempurnaan tersebut merupakan sifat Azali bagi Allah. Diantara sifat Allah adalah Al-Ilmu dan juga Al-Qudrah (Maha Kuasa) yang berarti kekuasaan dan juga berarti penetapan takdir.

Allah menciptakan makhluk dengan ilmuNya. Dan telah menetapkan segala ketetapan takdir bagi mereka. Dan juga telah menetapkan ajal bagi mereka. Tidak ada suatupun yang tersembunyi bagi Allah sebelum Dia menciptakan makhlukNya. Allah mengetahui apa yang mereka berbuat sebelum Dia menciptakan mereka. Dia memerintahkan mereka untuk taat kepadaNya, dan melarang mereka dari berbuat maksiat terhadapNya. Segala sesuatu berjalan atau terjadi dengan takdirNya. Kehendak Allah pasti terlaksana. Tidak ada kehendak bagi hamba-hamba kecuali apa yang dikehendaki oleh Allah bagi mereka. Apa yang dikehendaki oleh Allah bagi mereka pasti terjadi. Dan yang tidak dikehendaki oleh Allah tidak akan terjadi.

Baca Juga:  Keutamaan Lailatul Qadar

Allah memberikan hidayah kepada siapa yang dikehendakiNya dan melindungi kepadanya, itu semata-mata karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala. Dan Allah menyesatkan orang-orang yang dikehendakiNya dan menghinakan serta memberikan cobaan kepadanya. Semua itu semata-mata keadilan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Semua makhluk selalu berada dibawah kekuasaan dan kehendak Allah, antara karunia dan keadilanNya.

Dia Maha Tinggi, Maha Suci dari lawan-lawan dan tandingan-tandingan. Tidak ada yang dapat menentang ketentuanNya dan tidak ada yang bisa menolak hukumNya dan tidak ada yang mengalahkan perintahNya. Ahlussunnah beriman kepada semua hal itu dan sesungguhnya kita yakin bahwa semua itu adalah dari sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Imam Ath-Thahawi membantah sekte Mu’tazilah yang mengingkari sifat Allah seperti ilmu dan yang lainnya. Termasuk dalam hal itu juga orang-orang Mu’tazilah yang mengingkari kekuasaan Allah terhadap perbuatan manusia.

Baca Juga:  Hidayah Merupakan Karunia dari Allah - Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Berkaitan dengan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala, Allah menyebutkan dalam Al-Qur’an,

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ ﴿١٤﴾

Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Lembut lagi Maha Mengetahui?” (QS. Al-Mulk[67]: 14)

Maksud dari kelembutan Allah adalah Allah Maha Merahmati hambaNya. Sehingga segala sesuatu yang ditakdirkan oleh Allah senantiasa disertai dengan kasih sayang dan kelembutan Allah subhanahu wa ta’ala.

…إِنَّ رَبِّي لَطِيفٌ لِّمَا يَشَاءُ ۚ …

…Sesungguhnya Rabbku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. …” (QS. Yusuf[12]: 100)

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Ilmu dan Takdir Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Baca Juga:  Faidah dari Kisah Orang yang Kufur Nikmat - Bagian ke-1 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.