Telegram Rodja Official

Luasnya Ilmu Allah

By  |  pukul 2:26 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 30 Shafar 1440 / 08 November 2018 pukul 12:26 pm

Tautan: https://rodja.id/24n

Luasnya Ilmu Allah merupakan rekaman kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Syarah Aqidah Thahawiyah karya Imam Ath-Thahawi rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Shafar 1440 H / 02 November 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Ilmu dan Takdir Allah

Kajian Tentang Luasnya Ilmu Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Tidak tersembunyi sesuatupun bagi Allah subhanahu wa ta’ala, sebelum Allah menciptakan mereka. Artinya Allah subhanahu wa ta’ala mengetahui dan tidak ada satupun yang tersembunyi dari ilmu Allah. Ilmu yang Maha Luas. Sebelum Allah menciptakan makhlukNya, semua telah diketahui oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Semua yang Allah ketahui perihal kejadian ditulis di lauhil mahfudz. Termasuk dalam hal ini Allah subhanahu wa ta’ala mengetahui apa yang dikerjakan oleh makhluk sebelum Allah menciptakan mereka.

Beriman kepada takdir Allah subhanahu wa ta’ala mencakup keimanan kepada empat perkara. Yaitu:

  1. mengimani ilmu Allah subhanahu wa ta’ala yang luas meliputi segala sesuatu.
  2. mengimani bahwa seluruh yang diketahui oleh Allah ditulis di lauhil mahfudz. Allah perintahkan pena yang diciptakan oleh Allah untuk menulis.
  3. Allah subhanahu wa ta’ala memiliki kehendak. Kehendak Allah itu berlaku, tidak ada yang bisa menghalangi, menutupi dan membendung kehendak Allah. Apa yang Allah kehendaki pasti terjadi. Dan semua yang terjadi itu telah dikehendaki oleh Allah subhanahu wa ta’ala.
  4. mengimani bahwa segala yang telah terjadi adalah ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala.

Tentunya hal ini menjelaskan keluasan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Ilmu Allah subhanahu wa ta’ala meliputi seluruh makhluk ciptaan Allah. Sebagaimana rahmat Allah subhanahu wa ta’ala meliputi seluruh makhlukNya, maka begitu juga ilmuNya.

Baca Juga:  Mitos Sial di Balik Bulan Shafar (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Dalam Al-Qur’an, malaikat memuji Allah dengan menyebutkan keluasan ilmu dan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala.

…رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا …

“…Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, …” (QS. Ghafir[40]: 7)

Sebelum Allah menciptakan makhluk, Allah telah mengetahui apa yang akan mereka kerjakan. Dan manusia tidak mengetahui kecuali apa yang telah mereka kerjakan. Keluasan ilmu Allah tersebut diungkapkan dalam aqidah ahlussunnah bahwa Allah mengetahui yang telah terjadi, yang sedang terjadi, yang akan terjadi, masa yang akan datang yang belum terjadi dan sesuatu bila itu terjadi Allah mengetahui bagaimana terjadi dan siapa yang melakukannya.

Baca Juga:  3 Landasan Utama yang Wajib Diketahui Setiap Muslim - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Hal ini bisa kita fahami dari firman Allah subhanahu wa ta’ala tentang orang-orang yang melakukan dosa diakhirat kelak ingin kembali ke dunia lagi untuk beramal. Tapi Allah mengetahui kebohongan mereka.

…وَلَوْ رُدُّوا لَعَادُوا لِمَا نُهُوا عَنْهُ وَإِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ ﴿٢٨﴾

“…Sekiranya mereka dikembalikan ke dunia, tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya. Dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta belaka.” (QS. Al-An’am[6]: 28)

Disini kita memahami bahwa mereka belum dikembalikan. Karena belum terjadi kiamat. Tapi Allah mengetahui. Kendati itu belum terjadi, dan ini akan terjadi. Mereka akan mengatakan hal itu. Maka disimpulkan dari ayat ini bahwa ilmu Allah subhanahu wa ta’ala yang luas. Begitu juga dalam ayat lain, bisa kita fahami tentang keluasan ilmu Allah subhanahu wa ta’ala.

وَلَوْ عَلِمَ اللَّـهُ فِيهِمْ خَيْرًا لَّأَسْمَعَهُمْ ۖ وَلَوْ أَسْمَعَهُمْ لَتَوَلَّوا وَّهُم مُّعْرِضُونَ ﴿٢٣﴾

Baca Juga:  Urgensi Dzikir dan Syukur - Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Kalau sekiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah menjadikan mereka dapat mendengar. Dan jikalau Allah menjadikan mereka dapat mendengar, niscaya mereka pasti berpaling juga, sedang mereka memalingkan diri (dari apa yang mereka dengar itu).” (QS. Al-Anfal[8]: 23)

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Luasnya Ilmu Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.