Telegram Rodja Official

Muawiyah bin Abu Sufyan

By  |  pukul 12:21 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 08 Rabiul awwal 1440 / 16 November 2018 pukul 4:30 pm

Tautan: https://rodja.id/24l

Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 24 Shafar 1440 H / 02 November 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Kehidupan Hasan bin Ali Setelah Perdamaian dengan Muawiyah

Kajian Tentang Muawiyah bin Abu Sufyan

Tahun 41 Hijriyah dinamakan dengan istilah Amul Jamaah (kembalinya kaum muslimin dibawah satu kekuasaan). Yaitu ketika terjadinya pembunuhan Utsman dan berakhir dengan terpilihnya Ali bin Abi Thalib. Kemudian dimasa Ali bin Abi Thalib tidak semua kekuasaan Islam berada dipemerintahannya sampai terbunuhnya sahabat yang mulia ini radhiyallahu ‘anhu oleh seorang khawarij. Kemudian dalam rangka menjaga persatuan umat islam, menjaga darah kaum muslimin, Hasan bin Ali mengalah sesuai dengan keutamaan yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan.

Hubungan Muawiyah bin Abu Sufyan dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Muawiyah bin Abu Sufyan bin Harb bin Abdi Syams bin Abdi Manaf. Hubungan keluarga beliau berjumpa dikakek yang ke-5 dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang keduanya dari  Quraisy yaitu Abdi Manaf. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf.

Baca Juga:  Antara Tawakal dan Ikhtiar - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Jadi, Abdi Syams adalah saudara seayah dengan Hasyim. Abdi Manaf ini memiliki anak beranama Umayyah yang diintisabkan kepada dia Bani Umayyah. Para penulis sejarah menyebutkan dimana setelah masuknya Islam Abu Sufyan, setelah itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak mengangkat dari Bani Umayyah ini untuk menjabat berbagai kepentingan-kepentingan umat.

Ini sangat penting untuk diketahui agar tidak tidak terpengaruh dengan tipu daya orang-orang yang ingin memanipulasi data seakan-akan ada permusuhan dan kebencian antara Bani Umayyah dengan Bani Hasyim. Padahal mereka satu garis keturunan dari kakek mereka Abdi Manaf.

Hubungan Muawiyah bin Abu Sufyan dengan Ustman bin Affan

Abul Ash adalah paman dari Muawiyah. Dan Abul Ash memiliki anak bernama Affan. Affan memiliki anak bernama Utsman. Jadi Utsman bin Affan bin Abul Ash. Disinilah kedekatan antara Muawiyah dengan Utsman bin Affan. Dan inilah kenapa Muawiyah membela hak-hak Utsman bin Affan setelah Utsman bin Affan terbunuh. Muawiyah menuntut kepada Ali sebagai khalifah saat itu untuk memberikan hukuman kepada para pembuhun Utsman.

Baca Juga:  Disunnahkannya Mudaroh dan Meninggalkan Mudahanah

Secara garis keturunan, orang terdekat yang dibesarkan atau dituakan dikalangan Bani Umayyah adalah Muawiyah bin Abu Sufyan. Walaupun  ada juga saudaranya, yaitu Yazid bin Abu Sufyan.

Banyak anak-anak dari Bani Umayyah yang memiliki andil dalam sejarah Islam. Misalnya menjadi pimpinan perang dan bahkan yang dipercaya oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memungut zakat atau untuk kepentingan-kepentingan kaum muslimin yang lainnya.

Inilah orang-orang yang mulia didalam Bani Umayyah. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang yang berjuang dan mengorbankan diri mereka untuk Islam. Mereka adalah orang yang dipercaya oleh sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat Nabi terutama Khulafaur Rasyidin. Hal ini penting untuk diketahui agar bisa mengcounter isu-isu orang yang membenci Bani Umayyah atau para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, khususnya Syi’ah Rafidhah yang ingin memelintir sejarah ini. Seakan-akan Bani Umayyah selalu melakukan makar atau provokasi untuk kekacauan kaum muslimin. Mereka adalah orang-orang terhormat dan mendapatkan kedudukan atas pilihan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Simak Sejarah dan Faedah Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Muawiyah bin Abu Sufyan

Baca Juga:  Perang Tabuk - Bagian ke-3 - Faidah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Pencarian: biografi muawiyah bin abu sufyan, biografi muawiyah bin abu sufyan singkat, kisah muawiyah bin abu sufyan, buku muawiyah bin abu sufyan

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.