Telegram Rodja Official

Apa Itu Manhaj Salaf?

By  |  pukul 4:34 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 04 Rabiul awwal 1440 / 12 November 2018 pukul 10:50 am

Tautan: https://rodja.id/24s

Apa Itu Manhaj Salaf merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 17 Dzul Hijjah 1439 H / 29 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Al Firqotun Najiyah الفرقة الناجية (Golongan Yang Selamat)

Ceramah Agama Islam Tentang Apa Itu Manhaj Salaf – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Setelah kita dimudahkan untuk tetap berpegang teguh diatas jalan Allah subhanahu wa ta’ala, satu-satunya jalan yang akan menyampaikan kita kepada keridhoanNya. Semoga Allah senantiasa menetapkan kita dijalan kebaikan ini sampai diakhir hayat kita.

Kita telah mengkaji tema “Yang Dimaksud dengan Salaf”. Meskipun pembahasan ini banyak diulang dalam kajian-kajian kita, tetapi dengan memahami dalilnya dan nukilan dari para ulama, kita akan mengetahui bahwa salaf adalah para sahabat radhiyallahu ta’ala ‘anhum ajma’in, para ulama yang datang setelah mereka dari kalangan tabi’in dan tabi’ut tabi’in dan para imam ahlussunnah yang mengikuti pemahaman dan pengamalan mereka dengan baik.

Jadi tidak ragu lagi, kita memiliki patokan dalam menilai. Bukan hanya sekedar keindahan berkata-kata atau kerasanya lontaran suara, tetapi manhaj ahlussunnah wal jama’ah diukur dengan bagaimana mereka selalu merujuk kepada pemahaman para sahabat radhiyallahu ta’ala ‘anhum ajma’in serta para ulama yang mengikuti mereka dengan kebaikan. Alhamdulillah pembahasan ini sudah kita selesaikan.

Baca Juga:  Memperbaiki Akhlak - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Pada kajian ini kita melangkah pada pembahasan berikutnya. Pembahasan yang kedua ini membahas tentang menampakkan secara terang-terangan pemahaman salaf. Memperkenalkan kepada masyarakat, kepada kaum muslimin. Karena semua orang berhak untuk mengetahui kebenaran Islam. Islam yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan terang benderang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَرَكْتُكُمْ عَلَى الْبَيْضَاءِ لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لَا يَزِيغُ عَنْهَا بَعْدِي إِلَّا هَالِكٌ

“Aku tinggalkan kalian dalam suatu keadaan terang-benderang, siangnya seperti malamnya. Tidak ada yang berpaling dari keadaan tersebut kecuali ia pasti celaka.” (HR. Ahmad)

Maka setiap kaum muslimin berhak untuk mengetahui jelasnya pemahaman salaf ini. Bahkan wajib bagi setiap orang yang mengetahuinya untuk menjelaskan dan menampakkan kepada kaum muslimin secara terang-terangan. Karena kalau tidak, dia akan termasuk kedalam menyembunyikan ilmu yang merupakan dosa besar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من كتم علما ألجمه الله يوم القيامة بلجام من نار

Barangsiapa yang menyembunyikan ilmu, niscaya Allah akan mengikatnya dengan tali kekang dari api neraka di hari kiamat kelak” (HR. Ibnu Hibbaan )

Bagaimana kalau orang yang menyembunyikan ilmu menyangkut kemaslahatan umat agar mereka beraqidah dan beribadah dengan benar. Dengan belajar manhaj salaf, dia akan tahu bahwa kebenaran ada pada manhaj salaf. Tidak terbagi bahwa salaf hanya benar pada masalah aqidah tapi dalam masalah dakwah, sikap, menasihati pemerintah kita menggunakan yang lain. Ini adalah orang yang ragu dengan manhaj salaf dan tidak dikatakan sebagai pengikut manhaj salaf yang sebenarnya.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ahlussunnah Wal Jama'ah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Jadi perlu dijelaskan kepada masyarakat. Apalagi dizaman ketika masyarakat sudah banyak tertipu dengan slogan-slogan yang mengatasnamakan Islam padahal jauh dari petunjuk Islam yang sebenarnya. Inilah pentingnya apa yang disebutkan dalam pembahasan ini. Menjelaskan secara terang-terangan pemahaman salaf serta penjelasan tentang bagaimana sikap mereka dalam menyikapi orang-orang yang berbuat bid’ah. Ini semua dalam rangka menjaga kemurnian agama, iman dan juga kaum muslimin secara keseluruhan.

Pembahasan manhaj atau metode pemahaman yang benar ini menyangkut masalah jalan yang diridhoi oleh Allah. Yang itu hanya satu-satunya jalan sedangkan jalan yang lain merupakan jalan yang menyimpang.

Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa kita sudah mengikuti manhaj salaf, tetapi kenapa pembahasan ini masih terus dibahas? Karena mengulang pembahasan ini adalah untuk meyakinkan hati kita dan juga untuk menjaga keistiqomahan hati kita diatas kebenaran. Dasar dari istiqomah dan hakikat dari taqwa yang sesungguhnya bermula dari hati. Dan untuk urusan hati, manusia tidak bisa mengarahkannya kalau bukan karena kehendak Allah dan pertolongan dariNya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّـهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّـهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ …

Baca Juga:  Hadits Tentang Kesempurnaan Islam - Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya…” (QS. Al-Anfal[8]: 24)

Hari ini kita membahas tentang salaf, kita merasa gembira, kita merasa senang mengikutinya, kita juga mantab dalam mengamalkannya, tapi besok siapa yang menjamin?

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Apa Itu Manhaj Salaf – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Penelusuran terkait: manhaj salaf adalah, manhaj salaf pdf, ustadz manhaj salaf, mengenal manhaj salaf, apakah manhaj salaf sesat?, pengertian manhaj salaf, manhaj salaf di indonesia, perbedaan manhaj salaf dan mazhab, ada berapa manhaj salaf dalam islam, manhaj salaf rumaysho, manhaj salaf pdf, ustadz manhaj salaf, manhaj salaf adalah, mengenal manhaj salaf, manhaj salaf sesat, manhaj salafi wahabi

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.