Telegram Rodja Official

Fiqih Pendidikan Anak

Mengajak Anak Berkunjung Karena Allah

By  |  pukul 11:46 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 30 Desember 2018 pukul 7:13 pm

Tautan: https://rodja.id/25h

Mengajak Anak Berkunjung Karena Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 9 Jumadal Awwal 1438 H / 06 Februari 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Mengajarkan Anak Untuk Mengucapkan Salam

Kajian Tentang Mengajak Anak Berkunjung Karena Allah

Di Indonesia ini, budaya untuk saling mengunjungi sangatlah kental. Walaupun disebagian kota-kota besar yang budaya individualismenya semakin tinggi, budaya saling mengunjungi ini sudah mulai luntur. Kalau dikampung budaya ini masih sangat kental. Dan perlu kita ketahui bahwa saling mengunjungi bukan hanya bagian dari budaya Indonesia saja. Tapi ini merupakan ajaran Islam. Sehingga ketika kita amalkan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh ajaran agama kita, maka kita akan mendapatkan pahala.

Banyak hadits yang berbicara masalah kunjung-mengunjungi. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga bersabda:

حقَّتْ محبَّتي على المُتحابِّينَ فيَّ وحقَّتْ محبَّتي على المُتناصِحينَ فيَّ وحقَّت محبَّتي على المُتزاوِرينَ فيَّ وحقَّتْ محبَّتي على المُتباذِلينَ فيَّ وهم على منابرَ مِن نورٍ يغبِطُهم النَّبيُّونَ والصِّدِّيقونَ بمكانِهم

Berhak mendapatkan kecintaanKu, orang yang saling mencintai karena Aku. berhak mendapatkan kecintaanKu, orang yang saling menasehati karena Aku, berhak mendapatkan kecintaanKu, orang yang saling mengunjungi karena Aku, berhak mendapatkan kecintaanKu, orang yang saling memberi karena Aku. Mereka akan berada di mimbar-mimbar dari cahaya yang membuat iri para Nabi dan orang-orang shalih terhadap tempat mereka itu” (HR. Ibnu Hibban 577, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Mawarid 2129).

Baca Juga:
Anjuran Untuk Semangat Menuntut Ilmu

Saling mencintai karena Allah itu adalah bahwa kita menyayangi orang lain karena orang itu patuh kepada Allah. Kita cinta kepadanya karena dia cinta kepada Allah. Itulah yang dinamakan saling mencintai karena Allah. Orang-orang yang saling mencintai karena Allah dan bukan karena kepentingan duniawi.

Berkunjung Karena Allah

Saling mengunjungi harus karena Allah agar mendapatkan balasan cinta dari Allah. Hadits ini menunjukkan bahwa saling mengunjungi karena Allah merupakan suatu ibadah. Karena ibadah menurut para ulama adalah setiap pebuatan dan perkataan yang kelihatan dan tidak kelihatan yang dicintai dan diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Berarti kalau ada perbuatan yang diridhoi oleh Allah, itu merupakan ibadah. Jadi ibadah bukan hanya shalat, zakat dan yang lainnya. Kita berkunjung dengan niat karena Allah, itupun akan mendapatkan pahala.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Mengajak Anak Berkunjung Karena Allah

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Baca Juga:
Prinsip-Prinsip Aqidah Ahlussunnah Bagian 1 - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 86 = 87

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.