Telegram Rodja Official

Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala

By  |  pukul 8:57 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 23 Rabiul akhir 1440 / 30 Desember 2018 pukul 7:12 pm

Tautan: https://rodja.id/25u

Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 20 Rajab 1438 H / 17 April 2017 M.

Program Kajian Keluarga - Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Status program Kajian Keluarga: AKTIF. Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap: Senin pagi, pukul 10:00-11:00 WIB, 2 pekan sekali, bergantian dengan Kajian Fiqih Doa dan Dzikir.

Download mp3 kajian sebelumnya: Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kajian Tentang Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasannya tidur adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang. Bahkan tidur adalah kebutuhan primer. Akan tetapi jika kita berbicara hukum tidur secara agama, maka hukum tidur adalah mubah yang berarti boleh. Jadi tidur dalam pandangan agama adalah boleh-boleh saja. Sesuatu yang hukumnya adalah mubah ini tidak mendatangkan pahala dan tidak mendatangkan dosa. Akan tetapi aktivitas yang hukumnya mubah ini apabila niat kita baik, maka bisa berubah menjadi aktivitas yang berpahala.

Baca Juga:  Pengertian Khauf, Raja' dan Mahabbah kepada Allah

Contohnya adalah ketika hendak tidur, kita meniatkan agar fisik kita sehat, kalau sudah sehat maka kita akan semangat dalam beribadah kepada Allah. Maka selama kita tidur itu kita akan mendapatkan pahala. Padahal saat itu hanya tidur.

Aktivitas yang hukumnya mubah, kalau niatnya baik bisa berubah menjadi sebuah aktivitas yang mendatangkan pahala. Sebaliknya, kalau niatnya salah akan mendatangkan dosa. Misalnya tidur dengan niat agar besok kuat melakukan kemaksiatan-kemaksiatan. Tentu yang seperti ini akan mendapatkan dosa. Maka niat sangatlah penting. Apalagi tidur yang dilakukan sesuai dengan adab-adab yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yaitu pahala mengamalkan sunnah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan kita akan mendapatkan keuntungan duniawi. Ketika kita tidur sesuai dengan tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, fisik kita akan lebih segar dan kesehatan kita akan lebih stabil.

Baca Juga:  Dalil Bahwa Al-Qur'an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 2 - Kitab Al-Ibanah

Karena adab-adab tidur ini menguntungkan duniawi dan ukhrawi, maka sebaiknya anak-anak kita biasakan untuk mempraktikkan adab-adab tersebut. Tentu orang tuanya terlebih dahulu yang praktik. Jangan sampai anak sudah diajarkan adab-adab tersebut sedangkan orang tuanya sendiri tidak mempraktikkan. Apa saja adab-adab tersebut?

Menit ke-07:40

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Kaidah Yang Berkaitan dengan Kaidah Adat Kebiasaan Bisa Dijadikan Sandaran Hukum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.