Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat

By  |  pukul 4:32 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 19 Rabiul awwal 1440 / 27 November 2018 pukul 7:08 pm

Tautan: https://rodja.id/25n

Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Ta’dhim Ash Shalah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 3 Rabbi’ul Awwal 1440 H / 11 November 2018 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Status Program Kajian Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Status program Kajian Ta’dhim Ash Shalah: telah selesai.

Download juga kajian sebelumnya: Khusyu’ dalam Melaksanakan Shalat

Kajian Tentang Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Gangguan ini merupakan satu penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang yang shalat. Mereka merasa terganggu dengan godaan-godaan dan bisikan-bisikan ketika seorang berada didalam shalatnya. Maka pada kajian ini kita akan membahas kiat-kiat untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَنَمَةَ قَالَ : رَأَيْتُ عَمَّارَ بْنَ يَاسِرٍ دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَصَلَّى ، فَأَخَفَّ الصَّلَاةَ ، قَالَ : فَلَمَّا خَرَجَ قُمْتُ إِلَيْهِ ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا الْيَقْظَانِ لَقَدْ خَفَّفْتَ قَالَ : فَهَلْ رَأَيْتَنِي انْتَقَصْتُ مِنْ حُدُودِهَا شَيْئًا ؟ قُلْتُ : لَا ، قَالَ : فَإِنِّي بَادَرْتُ بِهَا سَهْوَةَ الشَّيْطَانِ . سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : إِنَّ الْعَبْدَ لَيُصَلِّي الصَّلَاةَ مَا يُكْتَبُ لَهُ مِنْهَا إِلَّا عُشْرُهَا ، تُسْعُهَا ، ثُمُنُهَا ، سُبُعُهَا ، سُدُسُهَا ، خُمُسُهَا ، رُبُعُهَا ، ثُلُثُهَا نِصْفُهَا

Baca Juga:  Bab Keutamaan Ilmu - Hadits 59 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Dari sahabat Abdullah bin ‘Anamah beliau berkata bahwa beliau pernah melihat sahabat ‘Ammar bin Yaasir masuk kedalam masjid kemudian shalat. Namun beliau shalat dengan shalat yang pendek. Maka ketika beliau keluar, berkata Abdullah bin ‘Anamah, ‘Wahai Abu Yaqdzon! Engkau telah shalat dengan shalat yang ringan,’ Maka sahabat ‘Ammar bin Yaasir mengatakan, ‘Apakah engkau melihat saya mengurangi dari batasan-batasan shalat?’  Abdullah bin ‘Anamah berkata, “Tidak” sahabat ‘Ammar bin Yaasir berkata, ‘Sungguh aku cepat-cepat agar aku tidak diganggu oleh setan. Aku pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya seseorang hamba shalat dan tidak ditulis pahala untuk shalatnya kecuali sepersepuluhnya, sepersembilannya, seperdelapannya, sepertujuhnya, seperenamnya, seperlimanya, sepertiganya atau setengahnya.‘”

Baca Juga:  Penerapan Kaidah La Dharara wala Dhirar

Ketahuilah sesungguhnya semakin banyak gangguan dan bisikan-bisikan yang ada pada diri seseorang ketika dia shalat. Dan semakin banyak gangguan tersebut, maka semakin berkurang pahala shalatnya. Dan kebutuhan seorang hamba untuk menolak gangguan-gangguan tersebut agar ia mendapatkan pahala yang sempurna dari shalatnya adalah sesuatu yang sangat penting. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan mendapatkan pahala dari shalatnya kecuali dari apa yang dia fahami dari shalat tersebut.

Dan yang dapat membantu seseorang agar bisa mengurangi bisikan-bisikan tersebut ada dua hal. Pertama adalah kuatnya dorongan untuk melaksanakan shalat tersebut dan yang kedua adalah lemahnya gangguan-gangguan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu ta’ala menjelaskan dua hal tersebut:

Baca Juga:  Pengaruh Nama dan Sifat Allah terhadap Hati - Bagian ke-1 - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Simak pada menit ke – 06:35

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Kiat Mengatasi Was-Was Ketika Shalat – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.