Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Keutamaan Sedekah

By  | 

Keutamaan Sedekah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 21 Muharram 1440 H / 01 Oktober 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Setiap Kebaikan Adalah Sedekah

Kajian Tentang Keutamaan Sedekah – Aktualisasi Akhlak Muslim

Murah hati yang kita wujudkan dalam bentuk bersedekah, berbagi kepada orang-orang yang mungkin memerlukan dan membutuhkan, orang yang sedang dalam kesulitan, musibah, yang perlu kita bantu dengan harta kita. Karena sebagian dari harta kita itu ada hak orang lain yang harus kita keluarkan.

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ ﴿١٩﴾

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat[51]: 19)

Nafsu kita memang selalu mendorong kita untuk bersifat bakhil. Hati sangat berat berat dan sangat susah untuk diajak bersedekah ataupun berderma. Terkadang muncul kekikiran didalam hati kita sehingga kita berat untuk berbagi kepada sesama. Kita diselimuti dengan rasa tamak dan kita tidak mau berbagi kenikmatan dan rezeki kepada orang-orang yang mungkin kurang beruntung. Yaitu orang-orang miskin atau orang-orang yang mendapatkan musibah. Maka Allah subhanahu wa ta’ala telah mendorong kita untuk menjadi hamba yang murah hati, yang suka membantu dan berbagi kepada sesama. Ini adalah akhlak yang mulia. Kemurahan hati yang kita berikan dan kita wujudkan dalam bentuk semangat berbagi kepada orang-orang lain.

Baca Juga:
Apa itu Syirik?

Kita menyadari bahwa rezeki yang ada ditangan kita adalah titipan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Titipan Allah kepada kita yang Allah amanahkan untuk kita pergunakan dengan sebaik-baiknya dan untuk kebaikan-kebaikan. Karena setiap harta yang ada ditangan kita itu, Allah subhanahu wa ta’ala akan meminta pertanggung jawabannya. Termasuk kemanakah kita belanjakan harta tersebut? Apabila kita belanjakan harta itu untuk fi sabilillah, untuk hal-hal yang bermanfaat, untuk bersedekah, maka harta itu telah menjadi harta yang menguntungkan. Yaitu harta yang akan memberikan keuntungan bagi kita nanti di akhirat. Namun jika harta itu kita tahan, maka bisa menjadi musibah, bisa menjadi suatu beban yang akan menghambat kita dalam perjalanan kita menuju surga. Banyak orang-orang yang tertahan karena hartanya dan banyak juga di sana orang-orang yang melaju cepat menuju surga karena harganya. Maka orang yang bijak adalah orang yang bisa menggunakan hartanya dengan sebaik-baiknya. Salah satu perkara yang menghalangi kita untuk berinfak adalah kebakhilan. Sifat bakhil ataupun penyakit bakhil yang bersarang di dalam hati. Ini harus kita hilangkan dari diri kita.

Bagaimana caranya kita bisa menghilangkan dan menyembuhkan penyakit bakhil ini di dalam diri kita?

Salah satunya adalah dengan mengetahui keutamaan bersedekah. Sehingga kita menjadi ringan untuk bersedekah. Tangan itu berat untuk menjadi tangan yang di atas ketika hati diselimuti sifat kikir dan bakhil tadi. Ini yang menghalangi tangan kita sehingga seolah-olah terbelenggu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumpamakan seperti orang yang terbelenggu pada pakaiannya. Dia tidak bisa bergerak sehingga tidak bisa menggunakan tangannya yang untuk berinfak.

Baca Juga:
Keutamaan Sifat Malu - Bagian ke-1 - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Oleh karena itulah salah satu perkara yang bisa membantu kita, yang dapat menolong kita, memudahkan kita untuk berderma, bersedekah dan menyembuhkan penyakit bakhil ini dari hati kita adalah dengan mengetahui keutamaan keutamaan sedekah.

Keutamaan Sedekah

Ketika seseorang bersedekah lillah (karena Allah subhanahu wa ta’ala), ada beberapa keutamaannya. Dan ini semua mendorong kita untuk ringan bersedekah.

Sedekah itu akan memadamkan murka Allah subhanahu wa ta’ala

Allah murka karena dosa kita, Allah murka karena maksiat-maksiat yang kita lakukan. Walaupun selama ini Allah banyak memaafkan, tapi mungkin dosa kita terlampau banyak. Sehingga membuat Allah murka kepada kita. Maka murka Allah subhanahu wa ta’ala ini salah satunya dapat kita padamkan, dapat kita jauhkan dengan bersedekah.  Allah akan menahan murkaNya atas manusia apabila mereka rajin bersedekah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan dalam sebuah hadits yang shahih, yang dihasilkan oleh Al-Albani didalam Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah:

إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

“Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara rahasia dapat memadamkan kemarahan Allah subhanahu wa ta’ala” (HR. Tabrani)

Kemarahan Allah itu Allah tunjukan dalam bentuk bencana, musibah adzab yang Allah turunkan kepada hamba-hambaNya. Dan murka ini bisa terangkat dengan bersedekah. Maka bersedekahlah, mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta’ala menahan murkaNya atas diri kita dan negeri kita.

Sedekah ini yang menunjukkan bahwa seorang hamba berlaku ikhlas kepada Allah. Ia berlaku tulus kepada Allah subhanahu wa ta’ala. apalagi sedekah itu dia keluarkan secara ikhlas. Yaitu dengan cara diam-diam. Maka Allah subhanahu wa ta’ala akan ridha kepada hamba tersebut dan Allah subhanahu wa ta’ala akan mengangkat adzabNya ataupun murkaNya atas hamba tersebut.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Ramadhan: Allah Tidak Menghendaki Kesulitan Bagi Umat Islam

Mungkin, musibah yang turun, malapetaka yang terjadi, kebinasaan yang dialami, itu karena kita menyimpan sifat bakhil. Kita tidak mau berbagi sehingga Allah murka karena maksiat yang kita lakukan. Lalu dengan maksiat yang kita lakukan itu kita perparah dengan sifat bakhil. Sehingga turunlah murka Allah itu.

Allah memang banyak memaafkan kesalahan manusia. Seandainya Allah tidak memaafkan banyak kesalahan manusia, maka mungkin tidak ada satu orangpun yang layak untuk hidup di atas bumi Allah ini. Namun maksiat itu diperparah dengan sifat bakhil, ini adalah kegelapan diatas kegelapan, ini adalah keburukan diatas keburukan. Maka jatuhlah murka Allah atas kita, turunlah murka Allah atas suatu kaum. Oleh karena itu bersedekahlah.  Kita saling membantu, kita mengeluarkan sebagian dari harta kita untuk orang-orang yang memerlukan bantuan, yang membutuhkan pertolongan, atau orang-orang yang tertimpa musibah, orang-orang yang mungkin perlu bantuan untuk melepaskan dirinya dari kesulitan seperti terlilit hutang, demikian juga orang-orang yang kekurangan,  juga orang-orang yang kurang beruntung tidak diberikan tubuh secara normal. Maka semangat berbagi itu akan mengangkat kemarahan Allah subhanahu wa ta’ala.

Menghapus dosa-dosa

Sedekah termasuk salah satu amalan yang dapat menghapus kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa hamba. Tentunya sebagaimana amal-amal kebaikan lainnya, yang terhapus tentunya adalah dosa-dosa kecil, bukan dosa-dosa besar. Dosa besar tidak ada jalan lain untuk menghapusnya selain bertaubat. Adapun amal-amal shalih yang dia lakukan itu mempercepat terhapusnya dosa-dosa itu setelah taubat. Itu menunjukkan bahwa taubatnya adalah taubat yang benar. Maka amal-amal shalih itu akan membantu terhapusnya dosa-dosa.

Baca Juga:
Kewajiban Kita Sebagai Hamba Allah

Dosa-dosa kecil ini mungkin banyak kita koleksi sehari-hari. Kita tidak sadar jatuh dalam dosa, kita tidak sadar jatuh dalam kesalahan, mungkin ketergelinciran lisan, tanpa sadar kita bumbui kata-kata kita dengan dusta, ataupun perkataan perkataan yang menyinggung perasaan orang lain, dan masih banyak lagi kesilapan-kesilapan lisan, belum lagi kesilapan amal perbuatan, tingkah laku yang mungkin membuat jengkel orang lain, membuat orang lain marah, membuat orang lain tersinggung dan lain sebagainya. Ini semua tentunya kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa kecil yang mungkin bisa terhapus dengan kita melakukan kebaikan-kebaikan, diantaranya adalah sedekah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api” (HR. Ibnu Majah No. 4200)

Simak pada menit ke – 13:37

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Keutamaan Sedekah – Aktualisasi Akhlak Muslim

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:
Jangan Duakan Dia

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat, shalawat, shalat jenazahrukun Islamrukun Iman, ziarah kubur,

Pencarian: hadits tentang keutamaan sedekah, keutamaan sedekah di bulan ramadhan, keutamaan sedekah di hari jumat, hadits keutamaan sedekah, ayat alquran tentang keutamaan sedekah, ayat tentang keutamaan sedekah, keutamaan sedekah dalam al quran, dalil keutamaan sedekah, kultum keutamaan sedekah, keutamaan sedekah anak yatim piatu, keutamaan sedekah kepada orang tua, hadits tentang keutamaan sedekah, keutamaan sedekah di bulan ramadhan, keutamaan sedekah di hari jumat, hadits keutamaan sedekah, ayat alquran tentang keutamaan sedekah, ayat tentang keutamaan sedekah, keutamaan sedekah dalam al quran, dalil keutamaan sedekah, kultum keutamaan sedekah, keutamaan sedekah anak yatim piatu, keutamaan sedekah kepada orang tua,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.