Telegram Rodja Official

Menguak Misteri Kesyirikan

Macam-Macam Syirik Beserta Contoh-Contoh Perbuatan Syirik

By  | 

Macam-Macam Syirik Beserta Contoh-Contoh Perbuatan Syirik adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang  disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Kompleks Rodja, Jl. Pahlawan, belakang Polsek Cileungsi, Kampung Tengah RT 03 / RW 03, Cileungsi, Bogor. Pada sabtu, 4 Jumadal Akhirah 1440 H / 09 Februari 2019 M.

Download kajian sebelumnya: Arti Syirik dan Sarana-Sarana Yang Menghantarkan Kepada Kesyirikan

Kajian Tentang Macam-Macam Syirik Beserta Contoh-Contoh Perbuatan Syirik

Para ulama mengatakan bahwa syirik terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama syirik akbar, bagian yang kedua syirik asghar. Pembagian ini berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad dari Mahmud bin Labid, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ

“Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik ashgor.” (HR. Ahmad)

Di sini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan ada istilah syirik asghar. Berarti pemahamannya ada istilah syirik akbar. Dan itu tersirat dalam hadits riwayat Imam Bukhari, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟

“Maukah kalian aku beritahukan dengan dosa yang paling terbesar?” kemudian Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:
Telaga Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

اَلْإِشْرَاكُ بِاللهِ

“Menyekutukan Allah” (HR. Bukhari)

Di sini secara tersirat ada istilah “syirik akbar”. Makanya para ulama membagi syirik menjadi 2; syirik akbar dengan syirik asghar.

Ada juga pembagian yang lain yang disebutkan oleh para ulama Rahimahumullaahu Ta’ala. Yaitu syirik dibagi menjadi 2 dengan pembagian syirik khafi (yang tersembunyi), syirik jali (yang terang-terangan). Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu beliau bercerita:

خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ

“Suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menemui kami dan kita sedang berbincang-bincang tentang Al-Masih dan Dajjal.

Inilah kebiasaan para Sahabat, sering memikirkan akhirat, sering memikirkan kiamat, yang semestinya itu menjadi inspirasi kita. Para Salafush Shalih dan para Tabi’in serta para Tabiut Tabiin yang mengikuti mereka dengan baik senantiasa kebiasaan mereka mengingat tentang kehidupan akhirat. Diantaranya mengingat tentang tanda-tanda kiamat, diantaranya tentang Al-Masih Ad-Dajjal.

Lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِي مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ؟

“Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang sesuatu yang menurutku ini lebih menakutkan atas kalian dibandingkan Al-Masih Ad-Dajjal?”

Kemudian para Sahabat berkata, “Tentu wahai Rasulullah, apa itu?” Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الشِّرْكُ الْخَفِيُّ، أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّي، فَيُزَيِّنُ صَلَاتَهُ، لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ

Baca Juga:
Menyebarkan Salam, Menampakkan Senyum dan Wajah Yang Ceria

“yaitu syirkul khafi; yaitu seseorang shalat, lalu menghiasi (memperindah) shalatnya, karena ada orang yang memperhatikan shalatnya” (HR. Muslim)

Dari sini ada istilah namanya syirik yang tersembunyi. Pemahaman balik dari hadits ini, berarti ada namanya syirik yang terang-terangan. Dari situlah para ulama membagi bahwa syirik ada yang tersembunyi, ada yang terang-terangan.

Pembagian Syirik Akbar dan Syirik Asghar

Syirik Akbar dibagi oleh para ulama menjadi tiga bagian;

  • Syirik akbar pada rububiyah (kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala).
  • Syirik akbar pada asma’ wa sifat (nama-nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala).
  • Syirik akbar di dalam peribadatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Syirik Akbar Pada Rububiyah

Apa itu syirik akbar didalam rububiyah Allah Ta’ala? Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahulla didalam kitab Majmu’ al-Fatawa tentang syirik akbar didalam rububiyah (kekuasaan, pengaturan, penciptaan). Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dialah sang raja, maha pengatur, maha pemberi, maha menahan, maha memeberikan mudzarat, maha memberikan manfaat, maha meninggikan, maha merendahkan, maha memberikan kemuliaan, maha memberikan kehinaan, maka barangsiapa yang bersaksi bahwa ada yang memberi, ada yang menahan, ada yang memberikan mudharat, ada yang memberikan manfaat, ada yang memberikan kemuliaan, ada yang memberikan kekehinaan selain Allah, maka berarti dia telah melakukan syirik didalam rububiyah.”

Perkataan beliau yang lain, yaitu beliau mengatakan didalam Majmu’ al-Fatawa bahwa syirik didalam rububiyah adalah menetapkan ada yang berbuat secara sendirian selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini yang disebut dengan syirik rububiyah.

Baca Juga:
Hadits-Hadits Yang Mengandung 3 Landasan Utama - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Jadi yang dimaksud dengan syirik rububiyah adalah meyakini ada yang mengatur, mencipta, berkuasa, menghidupkan, mematikan, menyembuhkan, memberikan penyakit, memberikan rizki, menahan rizki, memberikan mudzarat, memberikan manfaat selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah yang disebut dengan syirik rububiyah.

Syirik rububiyah ini disebabkan dengan dua sebab, apa saja? Simak penjelasannya pada menit ke-15:40

Simak dan Download mp3 Kajian Tentang Macam-Macam Syirik Beserta Contoh-Contoh Perbuatan Syirik

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.