Telegram Rodja Official

Dua Sumber Munculnya Kerusakan dan Kedustaan Yang Tersebar

By  |  pukul 2:38 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019 pukul 2:38 pm

Tautan: https://rodja.id/2eb

Dua Sumber Munculnya Kerusakan dan Kedustaan Yang Tersebar merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah Rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 14 Rajab 1440 H / 21 Maret 2019 M.

Status Program Kajian Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Status program kajian kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Kamis pagi, pukul 07:00 - 08:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Jangan Berteman dengan Teman Yang Buruk Agamanya

Kajian Islam Ilmiah Tentang Dua Sumber Munculnya Kerusakan dan Kedustaan Yang Tersebar

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّـهِ كَذِبًا أَوْ كَذَّبَ بِآيَاتِهِ ۚ أُولَـٰئِكَ يَنَالُهُمْ نَصِيبُهُم مِّنَ الْكِتَابِ

Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah atau mendustakan ayat-ayat-Nya? Orang-orang itu akan memperoleh bahagian yang telah ditentukan untuknya dalam Kitab;” (QS. Al-Ahzab[7]: 37)

Di sini terdapat penjelasan yang menyebutkan bahwa sumber munculnya kebatilan, kerusakan dan kedustaan yang kemudian tersebar dikalangan manusia, kembali kepada dua hal; pertama, adanya orang yang membuat kebatilan atau mengada-ngadakan kedustaan. Inilah yang mencetuskannya pertama kali dan yang membuatnya. Ditambah lagi dengan dialah yang mempopulerkannya dikalangan manusia, akhirnya banyak yang mengikutinya. Kedua, orang yang mendustakan kebenaran dan menerima atau terpengaruh dengan ajakan tadi. Akhirnya dengan itu dia menolak kebenaran yang dibawa oleh Nabi kita yang mulia Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga:  Mukadimah - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Maka golongan yang pertama dihukumi kufur. Tidak ada yang lebih dzalim dan lebih kufur dibandingkan mereka. Karena mereka yang mengada-adakan kedustaan, mencetuskan munculnya kebatilan. Sedangkan yang kedua adalah kufur karena menolak kebenaran.

Kalau kita renungkan, ayat ini menjelaskan dua golongan manusia yang ini selalu ada dikalangan orang-orang yang membawa kebatilan. Ada dua golongan ini, baik yang pertama maupun orang yang kedua. Karena golongan yang pertama adalah yang membuat dan menciptakannya. Sedangkan yang kedua adalah yang terpengaruh kemudian dengan itu dia menolak dan mendustakan kebenaran.

Kalau kemudian ditambahkan lagi keburukannya ini dengan dia mengajak manusia kepada kebatilannya, bahkan menghalangi manusia dari mengikuti kebenaran, maka berarti dia berhak untuk dilipatgandakan padanya adzab. Karena kekufurannya sendiri sudah merupakan keburukan, ditambah dengan perbuatannya yang mengajak manusia kepada keburukan tersebut serta mencegah manusia dari jalan yang benar.

Baca Juga:  Menguak Misteri Kesyirikan

Oleh karena itulah hal ini disebutkan di dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

الَّذِينَ كَفَرُوا وَصَدُّوا عَن سَبِيلِ اللَّـهِ زِدْنَاهُمْ عَذَابًا فَوْقَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوا يُفْسِدُونَ ﴿٨٨﴾

Orang-orang yang kafir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan.” (QS. An-Nahl[16]: 88)

Penjelasan yang disebutkan di dalam ayat ini mengabarkan kepada kita bahwa memang keburukan dilakukan secara umum oleh dua golongan manusia ini. Sehingga ketika ada yang pertama kali menciptakan kebatilan, maka ada orang-orang yang ikut mendukungnya. Lalu setelah dia mendustakan, mereka berusaha untuk menyebarkan kedustaan tersebut di kalangan manusia dan menghalangi mereka untuk mengikuti kebenaran.

Baca Juga:  Tawakal - Bagian ke-1 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Oleh karena itulah kenapa kebatilan banyak tersebar, karena kerja sama yang dilakukan oleh dua kelompok ini tidak henti-hentinya saling membisikkan satu sama yang lain kata-kata indah yang memperdaya dan menipu. Ketika mereka ini kufur  dan juga ditambah dengan menghalangi hamba-hamba Allah dari jalan yang benar, maka Allah pun menimpakan kepada mereka dua adzab sekaligus.

Simak penjelasannya pada menit ke – 10:31

Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Dua Sumber Munculnya Kerusakan dan Kedustaan Yang Tersebar

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.