Telegram Rodja Official

Akhlak Terpuji – Dermawan, Menepati Janji Sampai Berbuat Baik kepada Tetangga

By  |  pukul 2:19 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 17 Syawwal 1440 / 20 Juni 2019 pukul 2:19 pm

Tautan: https://rodja.id/2el

Akhlak Terpuji – Dermawan, Menepati Janji Sampai Berbuat Baik kepada Tetangga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab الدروس المهمة لعامة الأمة (pelajaran-pelajaran penting untuk segenap umat). Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 9 Ramadhan 1440 H / 14 Mei 2019 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya: Pengertian Akhlak, Macam-Macam Akhlak dan Dalil Tentang Akhlak

Status Program Kajian Tentang Pelajaran Penting untuk Umat

Status program Kajian Tentang Bagaimana Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap ahad & senin pukul 17.00 - 18.00 WIB.

Kajian Ilmiah Tentang Akhlak Terpuji – Dermawan, Menepati Janji Sampai Berbuat Baik kepada Tetangga

Kedermawanan sebagaimana mencakup makna yaitu seseorang memberikan hartanya kepada orang lain, juga secara umum mencakup arti dari kedermawanan adalah seluruh akhlak-akhlak yang baik. Karena termasuk diantara kedermawanan seorang Muslim kepada saudara-saudaranya sesama Muslim yaitu dia bergaul dengan baik kepada mereka, membantu mereka dan bermuamalah dengan mereka dengan muamalah yang baik. Dan termasuk dalam makna atau arti dari kedermawanan yaitu seorang memberikan atau mencurahkan hartanya kepada orang lain yang membutuhkan. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ ﴿٩﴾

Dan barangsiapa yang diselamatkan atau dibebaskan dari kekikiran dirinya maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Hashr[59]: 9)

Maka keberuntungan akan didapatkan oleh orang yang dermawan dan kehancuran serta kecelakaan akan didapatkan oleh orang yang kikir.

Baca Juga:  Bagaimana Kiat Meraih Cinta Allah 'Azza wa Jalla

Akhlak Terpuji – Menepati Janji

Syaikh bin Baz Rahimahullah mengatakan bahwa diantara akhlak yang disyariatkan dalam Islam yaitu Al-Wafa (menepati janji-janji dan akad-akad serta semisalnya). Allah Ta’ala berfirman:

أَوْفُوا بِالْعُقُودِ

penuhilah janji-janji kalian.” (QS. Al-Maidah[5]: 1)

Maka seorang Muslim selalu menepati janji, menepati akad-akad yang dia lakukan, dan termasuk dalam hal ini yaitu akad-akad nikah, akad jual beli dan seluruh transaksi yang dilakukan antara seorang Muslim dan saudara. Maka diantara sifat seorang Muslim yaitu dia selalu menepati janjinya.

Akhlak Terpuji – Menjauhi semua yang diharamkan oleh Allah

Seorang Muslim dituntut untuk selalu meninggalkan yang haram, menjauhi dari terjatuh kepada perkara-perkara yang haram, menjauhi perkara-perkara yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena ia takut pada Allah Tabaraka wa Ta’ala, takut kepada kemurkaan dan takut kepada hukumnya.

Seorang Muslim adalah seorang yang mensucikan dirinya dari perkara-perkara yang diharamkan, dari akhlak-akhlak yang tercela, dari perbuatan-perbuatan yang jelek serta menjauhi pergaulan yang buruk karena ia menjaga agamanya dan menjaga akhlaknya.

Akhlak Terpuji – Berbuat baik kepada tetangga

Ini termasuk akhlak yang agung dalam agama Islam. Syariat mewasiatkan dan menegaskan tentang perkara ini. Sampai Nabi kita ‘Alaihish Shalatu was Salam bersabda:

مَا زَالَ جِبْرِيلُ يُوصِينِي بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ

“Malaikat Jibril terus-menerus mewasiatkan aku untuk berbuat baik kepada tetangga sampai aku menyayangkan bahwasanya ia akan menetapkan warisan untuknya.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:  Kedudukan Akal dan Wahyu Dalam Islam - Kitab Al-Adab Al-Mufrad

Juga Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

واللَّهِ لا يُؤْمِنُ، واللَّهِ لا يُؤْمِنُ، واللَّهِ لا يُؤْمِنُ، قِيلَ: مَنْ يا رسولَ اللَّهِ؟ قَالَ: الَّذي لا يأْمنُ جارُهُ بَوَائِقَهُ

“Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman. Ditanyakan kepada Rasulullah, ‘siapa itu yang tidak beriman?’ beliau bersabda, ‘Yaitu orang yang tidak aman tetangganya dari gangguan-gangguannya'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan termasuk berbuat baik kepada tetangga yaitu menjauhi dari mengganggu tetangga. Baik itu gangguan yang berbentuk ucapan ataupun perbuatan. Dan juga termasuk berbuat baik kepada tetangga yaitu bergaul dengan baik kepada tetangga, menjaga hak-hak tetangga karena kita mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada tetangga juga mentaati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang memerintahkan hal tersebut.

Akhlak Terpuji – Membantu orang-orang yang membutuhkan sesuai kemampuan

Membantu orang-orang yang membutuhkan sesuai kemampuan yaitu sesuai kemampuan seorang hamba.

وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

“Allah selalu menolong hambaNya selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Juga Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang meringankan dari seorang Mukmin kesulitan dari kesulitan dunia, maka Allah akan meringankan darinya kesulitan dari kesulitan pada hari kiamat.” (HR. Muslim)

Karena balasan itu tergantung perbuatan.

Dan selainnya dari akhlak-akhlak yang tertera dalam Al-Qur’an dan Sunnah yang mana hal-hal tersebut disyariatkan

Dan sangat banyak sekali. Dan apa yang disebutkan oleh penulis kitab ini Rahimahullah sekedar isyarat. Karena banyak sekali akhlak-akhlak yang semestinya dilakukan oleh seorang Muslim. Dan para ulama telah mengkhususkan pembahasan tentang hal ini dalam kitab-kitab yang khusus. Dan diantara kitab tersebut yang paling baik adalah kitab Al-Adabul Mufrad yang ditulis oleh al-Imam Al-Bukhari Rahimahullah, penulis Kitab Shahih Bukhari. Kitab ini adalah kitab yang sangat baik sesuai dengan bab-bab yang dituliskan dalam kitab tersebut juga banyaknya nash-nash dan dalil-dalil serta riwayat-riwayat dari para Salafush Shalih Rahimahumullahu Ta’ala dalam bab ini.

Baca Juga:  Nasihat Imam atau Pemimpin Kepada Kaum Wanita

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan taufiqNya kepada kita semua dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memudahkan urusan kita dan membantu kita untuk mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam segala keadaan kita.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Akhlak Terpuji – Dermawan, Menepati Janji Sampai Berbuat Baik kepada Tetangga

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.