Telegram Rodja Official

Al-Irsyaad ilaa Shahiihi Al-I'tiqaad

Keluarnya Binatang Melata dari Dalam Bumi – Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 20 Desember 2013 pukul 1:37 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4728

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut adalah rekaman ceramah agama yang live pada Rabu pagi, 14 Shafar 1435 / 18 Desember 2013, pukul 05:30-07:00 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV, dengan pembahasan masih pada tanda-tanda Hari Kiamat dari kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad. Dibahas oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam dan pembahasan kali ini adalah tentang bab yang baru, “Keluarnya Binatang Melata dari Dalam Bumi.

[sc:status-al-irsyad-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر)

Keluarnya Hewan / Binatang Melata dari Dalam Bumi (خروج الدابة)

Tanda kiamat besar yang lainnya, yaitu keluarnya binatang melata dari dalam bumi.

Allah Ta’ala berfirman:

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِّنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ (النمل: ٨٢)

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (Q.S. An-Naml [27]: 82)

Baca Juga:
Tanda-Tanda Kiamat Kecil yang Telah Terjadi - Bagian ke-2 - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

قال الإمام ابن كثير رحمه الله في ‏”‏النهاية‏”‏‏:‏ ‏”‏قال ابن عباس والحسن وقتادة‏:‏ ‏(‏تكلمهم‏)‏؛ أي‏:‏ تخاطبهم مخاطبة،

Berkata Imam Ibnu Katsir rahimahullah, berkata Ibnu ‘Abbas dan Al-Hasan radhiyallahu ‘anhum mengenai makna “‏تكلمهم‏” (“mengajak bicara mereka”), artinya “mengajak mereka berbicara“.

ثم قال‏:‏ ‏”‏وعن ابن عباس‏:‏ ‏”‏تكلمهم‏”‏‏:‏ تجرحهم؛ بمعنى‏:‏ تكتب على جبين الكافر كافر، وعلى جبين المؤمن مؤمن، وعنه‏:‏ تخاطبهم وتجرحهم،

Kemudian dalam riwayat lain, Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan makna “تَكلِمُهُمْ‏” (dari sebuah qira’at, bukan “تُكَلِّمُهُمْ“), artinya “melukai mereka, dengan cara menulis di jidat orang kafir dengan “kafir”, dan di jidat orang mukmin dengan “mukmin”. Namun qira’at yang sering kita baca, yaitu qira’at Hafsh, adalah “تُكَلِّمُهُمْ“, “yang akan mengajak mereka bicara”. Bahwa binatang melata di muka bumi ini akan “mengajak mereka berbicara dan melukai mereka” (تخاطبهم وتجرحهم“).

Mari simak ceramah agama Tanda-tanda kiamat oleh Ustadz Badrusalam, Lc., download sekarang juga atau dengarkan dari player yang tersedia.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Keluarnya Hewan / Binatang Melata dari Dalam Bumi

Mari bagi-bagikan file MP3 rekaman ceramah agama ini atau bagi-bagikan tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.

3 Comments

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    7 × 1 =

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.