Telegram Rodja Official

Al-Khalashah Al-Asasiyah

Pengantar Pelajaran Kitab Al-Khalashah Al-Asasiyah dan Arti Kalam

By  |  pukul 2:08 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 03 Oktober 2019 pukul 2:10 pm

Tautan: https://rodja.id/2gv

Pengantar Pelajaran Kitab Al-Khalashah Al-Asasiyah dan Arti Kalam adalah bagian dari kajian Islam dan belajar bahasa arab dengan pembahasan kitab الخلاصة الأساسية في القواعد النحوية (Al-Khalashah Al-Asasiyah Fil Qawa’idin Nahwiyah). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc. Kajian ini disampaikan pada 29 Dzul Hijjah 1440 H / 30 Agustus 2019 M.

Download kitab الخلاصة الأساسية في القواعد النحوية

Pengantar Pelajaran Kitab Al-Khalashah Al-Asasiyah dan Arti Kalam

Kali ini kita akan mempelajari hal yang sedikit berbeda dari pertemuan-pertemuan yang lalu. Yang mana kajian kita kali ini lebih fokus kepada kaidah nahwu. Ini adalah suatu ilmu yang sangat-sangat penting. Ilmu ini ibaratkan jembatan kalau kita ingin menuju ke suatu tempat yang harus menyebrangi lautan atau menyeberangi sungai yang dalam, maka diperlukan jembatan atau perlu alat untuk bisa sampai kepada tujuan. Itulah kira-kira gambarannya tentang ilmu nahwu ini. Ilmu nahwu diibaratkan jembatan untuk bisa mencapai kepada satu ilmu lainnya, yaitu ilmu agama khususnya baik malalui Al-Qur’an maupun Sunnah.

Tanpa ilmu alat (nahwu dan sharaf) yang merupakan bagian dari bahasa arab, seorang tidak akan mungkin memahami, -terlebih lagi- menggali hukum-hukum Al-Qur’an atau memahami ayat-ayat Al-Qur’an maupun hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena Al-Qur’an memiliki gaya bahasa yang tinggi, demikian juga hadits Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memiliki gaya bahasa yang tinggi. Maka perlu -paling tidak- langkah awalnya adalah menguasai ilmu alat (ilmu nahwu dan sharaf).

Baca Juga:
Buah dan Faidah dari Keimanan Bagian 2 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Maka itu, ini adalah kajian perdana untuk ilmu nahwu. Diharapkan yang punya keinginan besar untuk mengetahui seluk beluk ilmu nahwu, ini sangat penting untuk bisa diikuti.

Bagi yang sudah pernah belajar paling tidak menguatkan kembali, mengingatkan kembali atau mungkin ada hal-hal yang belum dipelajari pada pertemuan-pertemuan yang lalu.

Perlu diketahui bahwa kitab yang kita pelajari (durusul lughah) lebih banyak terkait grammar nahwu tapi itu tidak berurut dan juga tidak dibahas secara meluas. Maka dari itu, di sini ada satu kitab yang saya coba untuk menulis dan ini sebetulnya kitab ini sudah saya tulis dari sejak tahun 2012. Akan tetapi terputus, maka itu dalam beberapa hari belakangan ini saya coba review kembali dan menyusunnya kembali secara baik dengan bahasa yang mudah untuk bisa dipahami dan juga dengan metode pembelajaran yang baik, sistematis dan mudah untuk dipahami.

Ini adalah kitab yang sangat dasar dan dalam kitab ini tidak setiap sub pembahasan dibahas secara meluas karena ini merupakan kitab dasar. Ada satu kitab lagi yang saya tulis, dimana kitab itu lebih luas lagi. InsyaAllah mungkin suatu saat kalau sudah selesai buku ini bisa pindah kepada kepada buku yang lebih luas lagi.

Saya menulis ini merujuk kepada kitab-kitab ummahatul kutub terkait dengan ilmu nahwu. Dari mulai kitab Syarah Ibnu Aqil, Qatrunnada, Jami’ud Durus, dan juga Matan Jurumiyah beserta syarahnya karangan Syaikh Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah dan berbagai kitab lainnya terkait dengan kaidah. Termasuk juga kitab kitab nahwu silsilah yang digunakan di Lipia.

Baca Juga:
Pelajaran Bahasa Arab: Durusul Lughah 3, Halaman 92 - Ad-Darsu Al-Hadiya 'Asyara - Latihan 1-2 (Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc.)

Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bermanfaat terutama bagi penulis dan juga bagi pemirsa semuanya.

تعريف الكلام (Definisi Kalam)

Dimana-mana dalam kitab nahwu selalu dibahas tentang kalam. Karena ilmu nahwu ini tidak mungkin bisa terlepas dari pada pembahasan kalam. Karena bahasa adalah ucapan, kemudian dituangkan dalam tulisan. Maka dari itu perlu dibahas tentang apa itu kalam.

Para ulama nahwu mengungkapkan tentang definisi kalam. Yaitu

الكلام عند النحاة هو اللفظ المركب المفيد بالوضع

Kalam menurut ulama-ulama nahwu adalah ucapan yang tersusun, yang memberikan faidah, diucapkan dengan sengaja dan berbahasa arab.

Contoh kalam:

أنا أدرس اللغة العربية

Kenapa ini disebut kalam? Simak penjelasan lengkapnya pada menit ke-27:28

Downlod MP3 Pengantar Pelajaran Kitab Al-Khalashah Al-Asasiyah dan Arti Kalam

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

5 Comments

  1. Heri Yudistira

    Sabtu, 14 Maret 2020 at 11:51 AM

    afwan ana blum bisa download linknya?

    • Admin Radio Rodja

      Selasa, 24 Maret 2020 at 2:10 AM

      afwan, untuk sementara download dari soundcoud dulu ya, server kita sedang dalam perbaikan..

  2. Rahma channel

    Jumat, 10 Januari 2020 at 10:07 AM

    izin donblot

  3. Abu MAryam

    Jumat, 01 November 2019 at 8:59 AM

    Gak ada pdf kitabnya min?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59 + = 67

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.