Telegram Rodja Official

Kaidah Fikih

Sesuatu Yang Mudah Dilakukan Tidak Bisa Gugur Karena Ada Sesuatu Yang Sulit

By  |  pukul 9:45 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 24 Januari 2020 pukul 4:43 pm

Tautan: https://rodja.id/2h5

Sesuatu Yang Mudah Dilakukan Tidak Bisa Gugur Karena Ada Sesuatu Yang Sulit merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz DR. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. dalam pembahasan Kitab Qawaa’idul Fiqhiyyah (Mukadimah Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fikih Islam). Kajian ini disampaikan pada 2 Muharram 1441 H / 02 September 2019 M.

Sesuatu yang mudah dilakukan tidak bisa gugur karena ada sesuatu lain yang sulit untuk dilakukan. Apabila Islam mewajibkan untuk melakukan suatu ibadah dan di dalam ibadah tersebut ada sesuatu yang bisa kita lakukan, mudah untuk kita kerjakan, tapi ada sebagian dari ibadah tersebut yang tidak bisa kita lakukan karena kelemahan kita, karena keterbatasan kita, karena ada suatu halangan, maka yang mudah wajib untuk dilakukan sedangkan yang sulit menjadi gugur atau menjadi tidak wajib untuk dilakukan karena Islam adalah agama yang mudah dan memberikan kemudahan.

Islam memberikan kemudahan pada hal-hal yang sulit untuk dilakukan oleh seseorang. Ketika seseorang sulit untuk melakukan sesuatu karena ada udzur, maka Islam akan memberikan kemudahan dna keringanan kepada orang tersebut.

Dalil dari kaedah ini sangat banyak. Semua dalil yang menunjukkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak membebani melebihi kemampuannya bisa menjadi dalil dari kaedah ini. Dan sebenarnya kaedah ini adalah cabang dari kaedah yang sangat besar yang disebutkan oleh para ulama, yaitu kaedah sesuatu yang sulit bisa mendatangkan kemudahan. Diantara cabang dari kaedah besar ini adalah kaedah sesuatu yang mudah untuk dilakukan tidak menggugurkan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Baca Juga:
Tingkatan Manusia dalam Iman - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Maka dalil-dalil yang disebutkan oleh para ulama untuk menunjukkan benarnya kaedah ini sama dengan dalil-dalil yang disebutkan oleh para ulama untuk menguatkan kaedah sesuatu yang sulit bisa mendatangkan kemudahan. Diantara dalil tersebut adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

لَا يُكَلِّفُ اللَّـهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak akan membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya.” (QS. Al-Baqarah[2]: 286)

Apabila ada sebuah ibadah yang sebagiannya bisa dia lakukan dan sebagiannya tidak bisa dia lakukan, maka Allah membebani dia dengan sesuatu yang bisa dia lakukan. Allah memberikan kewajiban kepada dia untuk melakukan sesuatu yang bisa dia lakukan di ibadah itu. Sedangkan yang tidak bisa dia lakukan, maka Allah gugurkan kewajibannya.

Firman Allah yang lain yang menunjukkan benarnya kaedah ini, adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَاتَّقُوا اللَّـهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Maka bertaqwalah kalian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semampu kalian.” (QS. At-Taghabun[64]: 16)

Apabila ada suatu ibadah yang sebagiannya tidak kita mampui tapi sebagian yang lain bisa kita lakukan, maka kita diwajibkan untuk melakukan yang bisa kita lakukan. Sedangkan yang sulit untuk kita lakukan, maka itu dihukumi tidak wajib.

Diantara dalil yang menunjukkan kaedah ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah bersabda:

Baca Juga:
Memahami Penciptaan Siang dan Malam - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)

فَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَيْءٍ ، فَخُذُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَإِذَا نَهَيْتُكُمْ عَنْ شَيْءٍ فَانْتَهُوا

“Apabila aku perintahkan kalian untuk melakukan sesuatu, maka kerjakanlah semampu kalian. Apabila aku melarang kalian dari melakukan sesuatu, maka berhentilah kalian dari sesuatu tersebut” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perkataan Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “lakukanlah sesuai dengan kemampuan kalian” bisa menjadi dalil yang menunjukkan benarnya kaedah ini. Sesuatu yang mudah dilakukan tidak bisa gugur karena ada sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Simak pada menit ke-9:06

Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Sesuatu Yang Mudah Dilakukan Tidak Bisa Gugur Karena Ada Sesuatu Yang Sulit

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:
Hukum Gadai Dalam Islam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 40 = 41

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.