Telegram Rodja Official

Kifayatul Muta'abbid wa Tuhfatul Mutazahhid

Membaca Shalawat Diakhir Shalat Sebelum Salam

By  |  pukul 3:08 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 07 Januari 2020 pukul 3:26 pm

Tautan: https://rodja.id/2ji

Membaca Shalawat Diakhir Shalat Sebelum Salam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Kifayatul Muta’abbid wa Tuhfatul Mutazahhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 2 Jumadal Awwal 1441 H / 29 Desember 2019 M.

Pembahasan halaman 268 pada kitab Kifayatul Muta’abbid wa Tuhfatul Mutazahhid. Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download mp3 kajian sebelumnya: Doa Meminta Perlindungan dari Keburukan

Kajian Islam Ilmiah Tentang Membaca Shalawat Diakhir Shalat Sebelum Salam

Penulis kitab ini Rahimahullah mengatakan: “Dan sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu berkata: “Aku pernah shalat dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam serta Abu Bakar dan Umar ada di tempat tersebut. Ketika aku duduk untuk bertahiyat, aku mulai memuji kepada Allah ‘Azza wa Jalla, kemudian bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kemudian aku berdoa untuk diriku sendiri. Kemudian Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata: ‘Mintalah engkau akan diberikan, mintalah engkau akan diberikan.’ (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan dan shahih)

Penjelasan Syaikh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr

Dalam penjelasan كُنْتُ أُصَلِّي (Aku pernah shalat). Maksud shalat di sini adalah shalat yang biasa kita lakukan yaitu yang ada ruku’ dan ada sujudnya. Karena shalat apabila diucapkan bisa jadi yang dimaksud adalah shalat yang seperti biasa dilakukan (yaitu dengna ruku’ dan sujud), juga bisa berarti doa secara umum. Karena arti shalat adalah doa. Namun perkataan sahabat Abdullah bin Mas’ud di sini yaitu shalat yang ada ruku’ dan sujudnya.

Baca Juga:
Tabligh Akbar: Ilmu Ghaib (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq Al-Badr)

Kemudian perkataan beliau  فلَمَّا جلَسْتُ  (ketika aku duduk). Yaitu ketika aku duduk untuk tasyahud akhir shalat.

Kemudian sahabat Abdullah bin Mas’ud mengatakan بَدَأْتُ بِالثَّنَاءِ عَلَى اللَّهِ (Aku mulai dengan pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala). Yaitu beliau mulai dengan membaca: التحيات لله والصلوات والطيبات (Yaitu doa tasyahud)

Kemudian beliau mengatakan ثم الصلاة على النبي (kemudian aku bershalawat kepada Nabi). Yaitu dengan mengucapkan اللهم صلى على محمد وعلى ال محمد.

Kemudian beliau berkata ثم دعوت لنفسي (kemudian aku berdoa untuk diriku).

Maka urutannya seperti yang ada dalam hadits ini. Yang pertama memuji kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kemudian berdoa untuk dirinya.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Membaca Shalawat Diakhir Shalat Sebelum Salam

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:
Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib dan Berapa Rakaat yang Paling Sempurna, dst - Bab 195-198 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 8 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.