Telegram Rodja Official

Al-Irsyad Ila Shahihil I'tiqad

Nama-Nama Hari Kiamat

By  |  pukul 6:15 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 18 Agustus 2020 pukul 7:41 am

Tautan: https://rodja.id/2ql

Nama-Nama Hari Kiamat merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Irsyad Ila Shahihil I’tiqad yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar As-Sundawy. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 03 Dzulhijjah 1441 H / 24 Juli 2020 M.

Download kajian sebelumnya: Beriman Kepada Hari Akhir

Kajian Tentang Nama-Nama Hari Kiamat

Pada pertemuan yang lalu kita sudah menjelaskan tentang cakupan dari makna beriman kepada hari kiamat. Sekarang kita memasuki nama-nama dari hari kiamat. Dahsyatnya hari kiamat dari berbagai macam aspek, dari berbagai macam segi, itu melahirkan beberapa nama bagi hari kiamat, yang satu nama itu menggambarkan minimal suatu keadaan. Seluruh keadaan hari kiamat itu menakutkan dan mengerikan.

Kiamat begitu dahsyat dan kedahsyatannya bisa dilihat dari nama-nama yang Allah berikan kepada hari kiamat. Namanya tidak hanya satu, lebih dari 50 nama hari kiamat diterangkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla di dalam Al-Qur’anul Karim.

Adapun definisi dari hari kiamat itu sendiri adalah sejak mulai ditiupnya sangkakala pertama yang berakibat hancur seluruh hidup dan kehidupan. Allah berfirman:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاءَ اللَّـهُ

Ditiuplah sangkakala, maka matilah semua makhluk yang ada di langit (para malaikat) dan juga yang ada di bumi, kecuali beberapa makhluk yang Allah kecualikan.” (QS. Az-Zumar[39]: 68)

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Mulk - Bagian ke-1 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Itu kehancuran alam jagat raya. Sejak mulai itu sampai proses berikutnya manusia dibangkitkan kembali lalu dikumpulkan di padang mahsyar lalu dihisab, diantara proses hisab ada ditimbangnya amal perbuatan, dibaginya catatan-catatan amal, ada yang menerima dari sebelah kanan, ada yang menerima dari belakang punggungnya dengan sebelah kirinya, kemudian ada lagi debat atau munaqosah antara seorang hamba dengan Allah ketika hisab. Sampai mereka menyeberang jembatan, ada shirath di atas neraka, ada haudh, sampai berakhir ke surga atau ke neraka. Seluruh proses itu disebut dengan hari kiamat.

Karena banyaknya kejadian yang terjadi pada hari kiamat, maka banyak gambaran tentang hari kiamat. Dan gambaran tersebut bisa terlihat dari nama-nama yang Allah berikan tentang hari kiamat. Diantara nama-nama hari kiamat adalah:

1. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Dinamakan hari kebangkitan karena pada hari tersebut Allah Subhanahu wa Ta’ala membangkitkan seluruh makhluk. Para Malaikat yang mati ketika ditiup sangkakala nanti dihidupkan lagi ketika ditiup sangkakala yang kedua. Bangsa jin juga begitu, bangsa manusia juga begitu dan juga bangsa hewan-hewan. Allah berfirman di dalam Al-Qur’an, diantaranya dalam surah Al-Hajj ayat yang ke-5:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن تُرَابٍ…

Hai manusia, kalau kalian ragu tentang hari kebangkitan, maka ketahuilah sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian dari tanah” (QS. Al-Hajj[22]: 5)

Baca Juga:
Hukum-Hukum yang Khusus tentang Puasa bagi Wanita - Bagian ke-4 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Maksud hari kebangkitan di sini adalah hari kiamat. Salah satu momen diantara rentetan kejadian atau peristiwa kiamat adalah hari dibangkitkannya manusia.

Dalam surah Ar-Rum ayat 56 juga Allah berfirman:

وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَالْإِيمَانَ لَقَدْ لَبِثْتُمْ فِي كِتَابِ اللَّـهِ إِلَىٰ يَوْمِ الْبَعْثِ ۖ فَهَـٰذَا يَوْمُ الْبَعْثِ…

Berkatalah orang-orang yang telah diberi ilmu dan iman kepada orang-orang menentang dakwah ini: ‘Kalian telah tinggal muka bumi ini untuk diseru kepada kitab Allah sampai hari dibangkitkannya seluruh manusia. Dan inilah hari kebangkitan tersebut.’” (QS. Ar-Rum[30]: 56)

Berkata Imam Ibnu Mandzur dalam kitab Lisanul Arab bahwa yang dimaksud dengan Al-Ba’ats adalah Allah menghidupkan kembali makhluk-makhluk yang sudah mati. Inilah nama perntama bagi hari kiamat.

2. Yaumul Khuruj

Yaumul Khuruj artinya hari keluar. Yaitu keluarnya makhluk dari kubur-kubur mereka nanti pada hari kiamat. Orang yang sudah mati di alam dunia dikubur, seluruh bagian tubuhnya hancur kecuali satu, yaitu tulang ekor yang tidak hancur. Terus sampai hari kiamat.

Ketika terjadi kiamat dan hancur alam jagat raya ini, seluruh makhluk hancur, manusia juga hancur, seluruh bagian tubuhnya hancur kecuali tulang ekor, itu yang nanti terkubur di alam mahsyar. Begitu Allah menurunkan hujan, maka air hujan tersebut menyirami setiap tulang ekor manusia itu. Maka dari tulang ekor itu tumbuhlah seluruh bagian manusia utuh seperti sedia kala, tapi masih mati, belum hidup. Setelah semuanya utuh, baru ditiup sangkakala yang kedua, barulah hidup kembali. Keluarlah mereka dari kubur-kubur mereka menuju Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan bersegera untuk dihisab.

Baca Juga:
Syafaat Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Pada Hari Kiamat

Oleh karena itu salah satu sebutan untuk hari kiamat adalah Yaumul Khuruj. Karena saat itu seluruh manusia keluar dari kubur-kubur mereka. Hal ini diterangkan oleh Allah dalam beberapa ayat, diantaranya:

يَوْمَ يَسْمَعُونَ الصَّيْحَةَ بِالْحَقِّ ۚ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُرُوجِ ﴿٤٢﴾

Pada hari itu para makhluk mendengar satu teriakan yang keras dengan sebenarnya (tiupan sangkakala yang ke-2), dan itulah hari al-khuruj (keluarnya seluruh makhluk).” (QS. Qaf[50]: 42)

Lalu di dalam surah Al-Ma’arij ayat 43 Allah menyatakan:

يَوْمَ يَخْرُجُونَ مِنَ الْأَجْدَاثِ سِرَاعًا كَأَنَّهُمْ إِلَىٰ نُصُبٍ يُوفِضُونَ ﴿٤٣﴾

Pada hari itu mereka seluruhnya keluar dari kubur-kubur mereka secara cepat. Seolah-olah mereka itu bersegera menuju berhala-berhala mereka dulu ketika di dunia.” (QS. Al-Ma’arij[70]: 43)

Orang-orang musyrik ketika ada hajat, mereka menuju berhala sesembahan mereka itu dengan tergesa-gesa. Seperti itulah digambarkan nanti pada hari kiamat.

Dalam surah Rum ayat 25, Allah berfirman:

…ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِّنَ الْأَرْضِ إِذَا أَنتُمْ تَخْرُجُونَ ﴿٢٥﴾

Kemudian apabila kalian diseru dengan seruan dari dalam bumi, maka tiba-tiba kalian keluar dari kubur kubur mereka.” (QS. Ar-Rum[30]: 25)

Apa saja nama hari kiamat yang lain? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Baca Juga:
Persaksian Dari Allah Bagi Orang Yang Berilmu

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Nama-Nama Hari Kiamat” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.