Rodja Peduli

Hati Yang Mentauhidkan Allah

Keindahan Tauhid

By  |  pukul 10:25 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 11 November 2020 pukul 10:20 am

Tautan: https://rodja.id/2v1

Keindahan Tauhid merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Hati Yang Mentauhidkan Allah. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 17 Rabi’ul Awal 1442 H / 03 November 2020 M.

Kajian sebelumnya: Mengenal Makna Tauhid

Kajian Islam Ilmiah Tentang Keindahan Tauhid

Tentunya tidak diragukan lagi bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala Jamil, Dzat Yang Maha Indah.

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ

“Sesungguhnya Allah Dzat Yang Maha Indah.”

Tentunya keindahan yang tertinggi pada Dzat Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah adanya Allah Subhanahu wa Ta’ala satu-satunya Dzat yang hak disembah. Keberhakannya Dia Subhanahu wa Ta’ala menjadi Tuhan di alam semesta ini, tidak ada yang berhak disembah di alam semesta ini kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Itu keindahan tertinggi.

Sehingga itu berbuah kepada jiwa seorang hamba dimana seorang hamba betul-betul mengikhlaskan ketauhidannya, keimanannya, ketundukannya hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang dengan itu seorang hamba akan mendapatkan ridha Allah lalu ketika Allah ridha kepadanya, maka Allah bukakan segala pintu kebaikan, kebahagiaan, ketenangan jiwa, keberkahan, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah meridhainya.

Dan kekuatan tauhid tersebut terpatri dalam jiwa seorang hamba, terpatri dalam dada seorang hamba. Sebagaimana kata Nabi:

التَّقْوَى هَاهُنَا

“Di sinilah  tempat ketakwaan seorang hamba (Sambil beliau menunjuk ke dadanya).” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Kisah Kesabaran Nabi Yaqub 'alaihissalam saat Berpisah dengan Anaknya - Bagian ke-2 - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dan puncak ketakwaannya adalah ketauhidannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu Al-Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menggambarkan pentingnya hati dan indahnya hati ketika tauhid sudah terpatri dalam hati seorang hamba. Beliau berkata bahwa ikhlas (kemurnian ibadah hanya kepada Allah) dan tauhid merupakan satu pohon yang menancap di dalam hati seorang hamba. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surat Ibrahim:

… مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ ﴿٢٤﴾

Perumpamaan kalimat yang thayyib (yaitu kalimat Laa Ilaaha Illallah) seperti pohon yang sangat baik, dimana akarnya kokoh dan kuat sementara cabangnya menjulang tinggi kemudian membawakan buah-buahan yang nikmat dan manis.” (QS. Ibrahim[14]: 25)

Tauhid itu merupakan pohon yang menancap dalam hati seorang hamba. Dimana cabangnya adalah amal. Ketika batang dan akar pohon tersebut menancap kuat, maka akan muncul cabang-cabang yang begitu rindang. Cabangnya adalah amal.

Oleh karena itu, seorang ahlu tauhid, jangan tanya shalat wajibnya, jam 3 malam dia sudah sujud kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seorang yang memiliki kekuatan iman dan tauhid, jangan tanya puasa Ramadhannya, bahkan puasa-puasa sunnahnya pun akan sungguh-sungguh dia lakukan. Seorang yang memiliki kekuatan iman dan tauhid, jangan tanya berzinanya, ketika ada wanita pun dia tundukkan pandangannya. Jangan tanya berdustanya, dia pun senantiasa menjaga lisannya. Begitu kuat amalnya, karena kekuatan iman dan tauhid yang ada di hatinya.

Baca Juga:
Jauhi Perkara Yang Membinasakan Ini

Lalu kata beliau bahwa buahnya adalah keindahan hidup di dunia dan nikmat yang abadi di akhirat.

Bagaimana indahnya kehidupan orang-orang yang mentauhidkan Allah? Yang tauhidnya lurus kepada Allah dan yang imannya kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala?

Download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Keindahan Tauhid” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.