Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Al-Muthi’ Lillah

By  |  pukul 4:10 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 27 November 2020 pukul 4:20 pm

Tautan: https://rodja.id/2vz

Al-Muthi’ Lillah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 05 Rabiul Akhir 1442 H / 20 November 2020 M.

Download juga kajian sebelumnya: Al-Mustakfi Billah

Kajian Tentang Al-Muthi’ Lillah

Al-Muthi’ Lillah adalah khalifah yang ke-23 dari rangkaian penguasa Bani Abbasiyah. Beliau berkuasa pada tahun 334-363 H. Cukup lama beliau berkuasa, yaitu sekitar 29 tahun.

Nama beliau adalah Al-Fadhl bin Al-Muqtadir bin Al-Mu’tadhid. Bapak dan kakeknya adalah silsilah dari Bani Abbasiyah yang telah berkuasa sebelumnya. Kuniyah beliau Abul Qashim, ibunya bernama Syughlah.

Beliau lahir pada tahun 301 H, kemudian beliau diangkat menjadi khalifah setelah anak paman beliau, yaitu Al-Mustakfi dipecat oleh Muizu Ad-Daulah. Kemudian dia setiap hari menerima gajinya hanya 100 dinar. Hal ini sebagaimana kita jelaskan bahwa khalifah saat itu tidak terlalu memegang kendali kekuasaan, tapi sebagai simbol saja. Maka yang menentukan kebijakan ekonomi dan politik adalah para perdana menterinya.

Pada tahun yang sama, terjadi kenaikan harga barang yang sangat mahal di kota Baghdad. Sampai disebutkan bahwa orang-orang di Baghdad memakan bangkai dan kotoran dan banyak manusia bergelimpangan di jalan-jalan. Karena itu anjing memakan bangkai manusia. Musibah ini terjadi karena langkanya bahan pangan dan terjadinya harga yang sangat mahal. Bangunan-bangunan yang mewah dijual dengan harga sangat murah. Bahkan disebutkan ada orang yang memakan anaknya. Demikian beratnya kondisi yang mereka hadapi.

Baca Juga:
Tiga Jenis Ruh

Bagaimana penjelasan dan apa faedah-faedah kisah ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Al-Muthi’ Lillah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.