Rodja Peduli

Hadits Arbain Nawawi

Hadits Arbain 26 – Setiap Anggota Tubuh Wajib Disedekahi

By  |  pukul 8:37 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 20 Januari 2021 pukul 2:12 pm

Tautan: https://rodja.id/2xc

Hadits Arbain 26 – Setiap Anggota Tubuh Wajib Disedekahi merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Anas Burhanuddin, M.A. dalam pembahasan Al-Arba’in An-Nawawiyah (الأربعون النووية) atau kitab Hadits Arbain Nawawi Karya Imam Nawawi Rahimahullahu Ta’ala. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 07 Jumadil Awal 1442 H / 22 Desember 2020 M.

Status Program Kajian Kitab Hadits Arbain Nawawi

Status program kajian Hadits Arbain Nawawi: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Selasa sore pekan ke-2 dan pekan ke-4, pukul 16:30 - 18:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits Arbain ke 25 – Setiap Kita Mampu Bersedekah

Kajian Hadits Arbain 26 – Setiap Anggota Tubuh Wajib Disedekahi

Pada kajian kali ini kita akan mempelajari hadits nomor 26, yaitu hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu. Masih senada dengan hadits yang sebelumnya, penjelasan bahwasanya kebaikan dalam Islam itu maknanya luas. Kalau kita tidak bisa mengerjakan kebaikan jenis tertentu, maka kita bisa mengerjakan kebaikan jenis yang lain. Kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak bukakan untuk kita pintu amal tertentu, maka kita bisa berpindah kepada pintu amal yang lain.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1104-1108 - TPP: Keutamaan Surat Al-Falaq dan An-Nas, Gambaran Orang Kafir di Hari Kiamat, hingga Keistimewaan Umat Islam (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

كُلُّ سُلامَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقةٌ ، كُلَّ يَوْمٍ تَطلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ : تَعدِلُ بَينَ الاِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ، فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا ، أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقةٌ ، والكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقةٌ ، وبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقةٌ ، وتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

“Setiap sendi dari manusia wajib untuk disedekahi setiap hari dimana matahari terbit. Kalau engkau berbuat adil di antara dua orang, maka itu adalah sedekah. Kalau engkau membantu seseorang dengan mengangkatnya ke atas tunggangannya, maka itu juga adalah sedekah. Atau engkau membantu mengangkatkan barangnya ke atas tunggangannya, itu juga sedekah. Kalimat yang baik, itu juga sedekah, dan bahkan setiap langkah yang engkau jalani itu juga sedekah. Dan menghilangkan gangguan dari jalan juga adalah terhitung sebagai sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Setiap sendi manusia wajib untuk disedekahi setiap hari. Ada kewajiban untuk memberikan sedekah kepada setiap sendi atau tulang manusia. Dan sedekah ini bisa dengan harta kita, semakin banyak sedekah maka kebutuhan tulang dan sendi itu akan tercukupi. Atau bisa juga dengan kebaikan-kebaikan yang lain sebagaimana disebutkan di sini.

Juga perlu kita ketahui bersama bahwa hadits Abu Hurairah yang agung ini ditafsirkan oleh beberapa riwayat lain yang mirip. Di antaranya hadits Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu yang diriwayatkan oleh Muslim, dalam hadits ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:
Menghindari Celaan dan Cacian kepada Anak

يُصْبِحُ عَلى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحدِكُمْ صَدَقةٌ: فكُلُّ تَسْبِيحةٍ صدقَةٌ، وكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وكُلُّ تَكْبِيرةٍ صدقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالمعْرُوفِ صَدقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ المُنكَرِ صدقَةٌ. وَيُجْزِيءُ مِنْ ذلكَ ركْعتَانِ يَرْكَعُهُما منَ الضُّحَى

“Setiap pagi ada kewajiban sedekah untuk setiap sendi dari seorang di antara kalian; setiap tasbih terhitung sedekah, setiap tahlil itu sedekah, setiap takbir itu adalah sedekah, mengajak kepada kebaikan itu sedekah, mencegah orang dari kemungkaran juga sedekah, dan cukup untuk semua kewajiban sedekah itu dua rakaat yang dilakukan oleh seorang muslim pada waktu dhuha.” (HR. Muslim)

Hadith ini menegaskan bahwasanya ada kewajiban untuk menunaikan sedekah setiap sendi yang kita miliki. Dan ada tambahakan penjelasan bahwasanya ada sebuah amalan yang bisa mencukupi kewajiban memenuhi hak setiap sendi yang kita miliki. Yaitu melaksanakan dua rakaat shalat dhuha. Kalau seorang di antara kita melaksanakan shalat sunnah dhuha 2 rakaat, maka itu cukup untuk memenuhi kewajiban sendi yang 360.

Kita punya banyak kewajiban dalam keseharian kita. Kita harus menjalankan ibadah-ibadah yang wajib. Dan kewajiban-kewajiban itu jumlahnya lebih daripada nilai 360 sedekah yang merupakan hak setiap sendi dan tulang kita setiap hari. Tapi di antara kewajiban itu adalah memenuhi hak 360 sendi yang kita miliki.

Jadi, satu kewajiban bisa selesai dengan shalat 2 rakaat. Dalam shalat ini kita melakukan gerakan-gerakan dengan melibatkan semua sendi dan badan kita. Kalau ibadah yang lain seperti dzikir, yang bergerak adalah lidah, bibir, gigi, sebatas itu. Saat kita bersedekah dengan harta yang kita miliki, maka yang bergerak bisa jadi adalah sendi-sendi yang ada di tangan. Tapi dengan shalat 2 rakaat, maka seluruh anggota tubuh kita bergerak. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali Rahimahullahu Ta’ala dalam Jami’ul Ulum wal Hikam.

Baca Juga:
Dalil-Dalil Bahwa Orang-Orang Yang Beriman Melihat Allah di Surga Bagian 2 - Kitab Al-Ibanah

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Lihat juga: Hadits Arbain Ke 1 – Innamal A’malu Binniyat

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama “Hadits Arbain 26 – Setiap Anggota Tubuh Wajib Disedekahi” ini ke jejaring sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.