Rodja Peduli

Al-Qiyamah Ash-Shughra

Kejadian-Kejadian Saat Kematian Datang

By  |  pukul 1:57 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 25 Januari 2021 pukul 1:57 pm

Tautan: https://rodja.id/2xv

Kejadian-Kejadian Saat Kematian Datang merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 05 Jumadil Akhir 1442 H / 18 Januari 2021 M.

Kajian Tentang Kejadian-Kejadian Saat Kematian Datang

Disaat kematian itu datang, maka datanglah malaikat maut. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ ﴿٦١﴾

Dan Dialah yang Maha berkuasa atas semua hamba-hamba-Nya, dan Allah akan mengirim kepada kalian malaikat-malaikat penjaga, hingga akhirnya kematian mendatangi salah seorang kalian, maka utusan Kami akan mencabut nyawa kalian, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan tugasnya.” (QS. Al-An’am[6]: 61)

Dari ayat ini kita mengetahui bahwa ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan usia, malaikat tidak pernah lalai. Jadi tidak ada perlambatan dan percepatan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا كَانَ فِى انْقِطَاعٍ مِنَ الدُّنْيَا وَإِقْبَالٍ مِنَ الآخِرَةِ نَزَلَ إِلَيْهِ مَلاَئِكَةٌ مِنَ السَّمَاءِ بِيضُ الْوُجُوهِ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الشَّمْسُ مَعَهُمْ كَفَنٌ مِنْ أَكْفَانِ الْجَنَّةِ وَحَنُوطٌ مِنْ حَنُوطِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسُوا مِنْهُ مَدَّ الْبَصَرِ ثُمَّ يَجِىءُ مَلَكُ الْمَوْتِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَيَقُولُ أَيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ اخْرُجِى إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ – قَالَ – فَتَخْرُجُ تَسِيلُ كَمَا تَسِيلُ الْقَطْرَةُ مِنْ فِى السِّقَاءِ

Baca Juga:
Tujuan Membaca Al-Qur'an

“Bahwasanya seorang hamba mukmin apabila dia akan meninggalkan dunia menuju akhirat, maka turunlah malaikat-malaikat dari langit yang wajahnya putih bercahaya seolah seperti matahari. Mereka membawa kain kafan dari surga, dengan membawa wangi-wangian dari surga. Selanjutnya mereka akan menunggu sejauh mata memandang dari tempat orang tersebut. Pada saat itulah Malaikat Maut ‘Alaihis Salam dan duduk di dekat kepalanya. Setibanya malaikat maut, ia segera berkata: “Wahai jiwa yang baik dan yang tenang, keluarlah kamu untuk mendapatkan ampunan dan keridhaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala “. Maka keluarlah ruh itu bagaikan air yang mentes dari bejana tempat air. Begitu ruhnya telah keluar, segera Malaikat maut menyambutnya…” (HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah)

Hal ini khusus untuk orang-orang yang terhormat. Mereka adalah orang-orang beriman, hamba yang selama hidupnya sudah mengabdikan dirinya kepada Allah.

Lalu bagaimana proses tercabutnya nyawa untuk hamba yang kafir? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Kejadian-Kejadian Saat Kematian Datang” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Meraih Ridha Allah (Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.