Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Biografi Imam Al-Khaththabi

By  |  pukul 11:06 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 23 Maret 2021 pukul 8:59 am

Tautan: https://rodja.id/30b

Biografi Imam Al-Khaththabi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 23 Jumadal Akhirah 1442 H / 05 Februari 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Ibnu Baththah

Kajian Tentang Biografi Imam Al-Khaththabi

Nama beliau adalah Abu Sulaiman Hamd bin Muhammad bin Ibrahim bin Al-Busti Al-Khaththabi Asy-Syafi’i (أبو سليمان حَمْد بن محمد بن إبراهيم بن الخطاب البستي الخطابي الشافعي). Beliau lahir pada tahun 319 H kemudian wafat pada 388 H.

Para penulis biografi tidak menyebutkan bagaimana kehidupan beliau sehari-hari. Tetapi secara dzahir bahwa beliau hidup di tengah keluarga yang berilmu. Karena beliau telah mempunyai perhatian yang besar terhadap ilmu sejak kecil.

Beliau adalah teman akbrab dari Imam Abu Mashur Ats-Tsa’alibi (أبو منصور الثعالبي), sampai di antara mereka berdua saling bertukar syair. Seperti ungkapan Imam Ats-Tsa’alibi: فديتُ روحك بل روحي، فأنت أنا.

Kita lihat persaudaraan para ulama yang begitu akrab. Hal ini menunjukkan kedekatan di antara mereka dimana saling mencintai sehingga terjalin ukhuwah yang begitu dalam di antara mereka.

Walaupun beliau hidup di negeri beliau sendiri dan di tengah keluarga beliau, tapi beliau merasa asing. Keasingan itu adalah karena banyaknya orang-orang yang jauh dari agama. Tetapi perlu diketahui ketika Imam Al-Khaththabi uzlah (menjauhi manusia), bukan berarti beliau menjauhi tanpa menunaikan hak-hak di antara sesama manusia.

Baca Juga:
Penggugur Hak Syuf'ah

Uzlah yang beliau maksud bukan tidak ikut shalat jum’at atau kegiatan-kegiatan agama lainnya, tapi yang dimaksud adalah menjauhi pertemanan yang melalaikan. Beliau tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan teman pada perkara-perkara yang tidak penting.

Ini merupakan inspirasi tentang bagaimana kita harus bersikap dizaman ini. Terkadang kita perlu uzlah dalam artian menjauhi group-group di WhatsApp karena terkadang terlalu banyak hal-hal yang kurang berguna.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Imam Al-Khaththabi? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Biografi Imam Al-Khaththabi” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.