Rodja Peduli

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga

By  |  pukul 10:16 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 12 April 2021 pukul 8:48 am

Tautan: https://rodja.id/311

Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 18 Sya’ban 1442 H / 01 April 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga

Pada kajian ini dibahas segi keutamaan dan kemuliaan ilmu yang ke-78, yaitu: مجالس العلم رياض الجنة (majelis ilmu adalah taman-taman surga).

Ini jelas keutamaan dan kemuliaan yang sangat besar. Karena ilmu merupakan jalan yang mengantarkan kita dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala menuju surga, maka gambaran tentang surga akan dirasakan oleh seorang penuntut ilmu ketika dia berada di majelis ilmu di dunia yang merupakan taman-taman surga.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat yang mulia Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda:

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا

“Jika kalian melewati taman-taman surga, maka nikmatilah/bersenang-senanglah padanya.”

Para sahabat Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhum bertanya: “Ya Rasulullah, apakah itu taman-taman surga?”

Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

حَلَقُ الذِّكْرِ، فَإِنَّ لِلَّهِ تَعَالىَ سَيَّارَاتٌ مِنَ الْمَلاَئِكَةِ يَطْلُبُوْنَ حَلَقَ الذِّكْرِ ، فَإِذَا أَتَوْا عَلَيْهِمْ حَفُّوْا بِهِمْ.

Baca Juga:
Perintah Meminta Karunia dan Rahmat Allah - Hadits 1543-1546 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

“Majelis-majelis yang disebut nama Allah, sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai para malaikat yang mereka selalu mencari majelis-majelis pengajian di dunia, kalau mereka telah menemukannya, maka para malaikat itu akan melingkupi orang-orang yang hadir di majelis tersebut dengan sayap-sayap mereka.” (Hadits hasan dijelaskan oleh Syaikh Albani dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah)

Ini jelas merupakan keutamaan majelis ilmu yang sangat agung, karena digambarkan sebagai taman-taman surga, berarti ini adalah jalan untuk menuju surga, merupakan gambaran tentang keadaan di surga yang bisa kita rasakan di dunia.

Sekaligus juga ini menunjukkan bahwa menuntut ilmu adalah jalan untuk meraih kenikmatan tertinggi di dunia. Yaitu merasakan nikmatnya ibadah. Karena dalam majelis ilmu kita belajar agama dan kita belajar hal-hal yang memperbaiki iman. Kita ketahui bahwa iman yang sempurna akan kita rasakan kelezatannya sebagaimana yang disebutkan banyak hadits yang shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian Tentang Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga

Mari turut membagikan link download kajian “Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Orang Kafir Yang Meninggal dengan Ucapan Laa Ilaaha Illallah

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.