Telegram Rodja Official

Al-Irsyaad ilaa Shahiihi Al-I'tiqaad

Adzab Kubur dan Nikmat Kubur – Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, bisa kita lanjutkan kembali pelajaran tentang aqidah dari kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad bersama Ustadz Badrusalam pada Rabu pagi, 3 Jumadil Ula 1435 / 5 Maret 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Sebuah pembahasan tentang Adzab Kubur dan Nikmat Kubur yang disampaikan sebagai kelanjutan dari bagian terakhir subbab Beriman kepada Hari Kiamat. Dapat Anda download kajiannya atau putar langsung melalui player yang tersedia di bawah.

[sc:status-al-irsyad-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر)

Fitnah Kubur, Adzab Kubur, dan Nikmat Kubur (فتنة القبر وعذابه ونعيمه)

Adzab Kubur dan Kenikmatan Kubur (عذاب القبر ونعيمه)

Keyakinan kita, Ahlus Sunnah wal Jama’ah meyakini adanya Adzab Kubur dan Kenikmatan Kubur.

Syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah berkata:

مذهب سلف الأمة وأئمتها أن الميت إذا مات يكون في نعيم أو عذاب، وأن ذلك يحصل لروحه وبدنه، وأن الروح تبقى بعد مفارقة البدن منعمة أو معذبة، وأنها تتصل بالبدن أحيانا، ويحصل له معها النعيم أو العذاب‏.‏

Baca Juga:
Ahlussunnah tidak Memahami Al-Quran tanpa As-Sunnah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

“Keyakinan Salaful ummah dan para ulama mereka, bahwa mayat apabila telah meninggal dunia, maka mereka berada di dalam kenikmatan atau dalam adzab. Dan bahwasanya (nikmat / adzab) itu akan didapati pada ruh dan badannya. Dan bahwasanya ruh itu setelah berpisah dengan badan, dia diberikan nikmat atau diberikan adzab, terkadang ia (nikmat / adzab) berhubungan dengan badan, sehingga yang mendapatkan kenikmatan / adzab (adalah) ruh dan badannya.”

Namun, Ibnul Qayyim mengatakan, bahwa alam kubur yang paling dominan adalah ruhnya.

Adapun dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam banyak. Adapun dari Al-Qur’an, Allah Ta’ala berfirman:

… لَوْ تَرَى إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلآئِكَةُ بَاسِطُواْ أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُواْ أَنفُسَكُمُ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ (الأنعام: ٩٣)

“… Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya.” (Q.S. Al-An’am [6]: 93)

Mari kita simak ceramah agama dari bahasan tauhid dalam kitab Al-Irsyaad ila Shahiih Al-I’tiqaad yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Radio Rodja dan RodjaTV.

Baca Juga:
Penjelasan Lengkap Ibadah Menyembelih - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Adzab Kubur dan Nikmat Kubur

Silakan download rekamannya dan bagikan MP3 kajian ini kepada saudara-saudara kita. Juga share tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official