Rodja Peduli

Riyadhus Shalihin

Doa Setelah Memakamkan Jenazah

By  |  pukul 1:38 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 14 Juni 2021 pukul 7:42 am

Tautan: https://rodja.id/32s

Doa Setelah Memakamkan Jenazah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 27 Syawal 1442 H / 8 Juni 2021 M.

Kajian sebelumnya: Mempercepat Pengurusan Jenazah

Ceramah Agama Islam Tentang Doa Setelah Memakamkan Jenazah

Setelah mayat seorang muslim/muslimah dikuburkan, maka kita dianjurkan untuk mendoakannya. Juga dianjurkan (terutama bagi keluarga) agar jangan langsung pulang. Tapi hendaknya mereka duduk sejenak di situ kemudian baru setelah itu pulang.

Doa yang dimaksud adalah untuk kebaikan bagi si mayat tersebut. Memohon ampun kepada Allah untuk mayat itu, mohon dilindungi oleh Allah dari adzab kubur, mohon dilapangkan kuburannya, mohon dimasukkan ke surga.

Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا فَرَغَ مِنْ دَفْنِ الْمَيِّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ، فَقَالَ: «اسْتَغْفِرُوا لِأَخِيكُمْ، وَسَلُوا لَهُ بِالتَّثْبِيتِ، فَإِنَّهُ الْآنَ يُسْأَلُ»

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika selesai menguburkan orang yang meninggal, beliau berdiri sejenak di dekat kuburan tersebut, beliau menyampaikan kepada umatnya: ‘Mohonlah ampun untuk saudara kalian yang baru meninggal ini, dan mohonlah bagi orang yang baru meninggal ini semoga Allah meneguhkan lisannya untuk menjawab pertanyaan malaikat, karena sesungguhnya si mayat itu sedang ditanya.” (HR. Abu Dawud)

Baca Juga:
Mengutamakan dan Mendahulukan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Ini adalah masalah aqidah yang wajib kita beriman dengan adanya pertanyaan dalam kuburan. Konsekuensi dari pertanyaan ini adalah apabila seorang mukmin/mukminan bisa menjawab pertanyaan itu, maka dia akan diberi kenikmatan dalam kubur. Kalau tidak bisa menjawab pertanyaan ini, maka konsekuensinya adalah adzab kubur.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan kepada kita. Karena orang mukmin mempunyai hak kepada saudaranya baik ketika masih hidup juga ketika telah meninggal.

Setelah menguburkan, maka kita mendoakan dua hal. Yaitu mohon ampunan untuk orang yang meninggal dan memohon agar dia diberikan keteguhan untuk menjawab pertanyaan dua malaikat Munkar dan Nakir.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajiannya.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Doa Setelah Memakamkan Jenazah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.