Rodja Peduli

Hadits Arbain Nawawi

Hadits Arbain 30 – Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 16 Juni 2021 pukul 9:14 am

Tautan: https://rodja.id/333

Hadits Arbain 30 – Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Anas Burhanuddin, M.A. dalam pembahasan Al-Arba’in An-Nawawiyah (الأربعون النووية) atau kitab Hadits Arbain Nawawi Karya Imam Nawawi Rahimahullahu Ta’ala. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 9 Sya’ban 1442 H / 23 Maret 2021 M.

Status Program Kajian Kitab Hadits Arbain Nawawi

Status program kajian Hadits Arbain Nawawi: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Selasa sore pekan ke-2 dan pekan ke-4, pukul 16:30 - 18:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits Arbain 29 – Pintu-Pintu Kebaikan

Kajian Hadits Arbain 30 – Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban

عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ الخُشَنِيِّ جُرثُومِ بْنِ نَاشِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: «إِنَّ اللهَ فَرَضَ فَرَائِضَ فَلَا تُضَيِّعُوهَا، وَحَدَّ حُدُوْداً فَلَا تَعْتَدُوهَا وَحَرَّمَ أَشْيَاءَ فَلَا تَنْتَهِكُوهَا، وَسَكَتَ عَنْ أَشْيَاءَ رَحْمَةً لَكُمْ غَيْرَ نِسْيَانٍ فَلَا تَبْحَثُوا عَنْهَا» حِدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ وَغَيْرُهُ.

Dari Abu Tsa’labah Al-Khusyanni Jurtsum bin Nasyir Radhiyallahu ‘Anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mewajibkan beberapa kewajiban, maka jangan kalian sia-siakan. Dan Dia telah membuat batasan-batasan, maka jangan kalian langgar. Dan Dia juga telah mengharamkan beberapa hal, maka janganlah engkau langgar. Dan Dia mendiamkan berberapa perkara sebagai bentuk rahmat untuk kalian dan bukan karena dia lupa, maka janganlah engkau membahasnya.” (Hadits hasan, HR. Ad-Daruquthni dan selainnya)

Baca Juga:
Nasihat Ali bin Abi Thalib Tentang Keutamaan Ilmu dan Ahlinya

Para ulama mengatakan bahwa hadits ini salah satu hadits yang paling lengkap, bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa tidak ada hadits yang menghimpun aspek-aspek Islam semuanya lebih lengkap daripada hadits ini.

Abu Bakar Ibnu Sam’ani menyebutkan bahwa barangsiapa yang bisa mengamalkan apa yang ada dalam hadits ini, maka dia adalah orang yang bahagia dan sukses. Karena semua syariat Islam diringkas dan dihimpun oleh hadits yang pendek ini.

Tidak ada permasalahan Islam kecuali bisa kita masukkan kepada salah satu dari empat ini. Apakah itu kewajiban-kewajiban, atau hal-hal yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, atau batasan-batasan Allah yang tidak boleh kita lewati, atau itu sesuatu yang Allah diamkan. Jika Allah diamkan, maka kita juga tidak perlu membahasnya juga.

Jadi, dengan mengetahui sikap yang tepat dari keempat perkara ini, maka insyaAllah kita bisa menjalankan apa yang menjadi perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk kita semuanya.

Dalam hadits ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membagi Islam kepada empat perkara, bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Lihat juga: Hadits Arbain Ke 1 – Innamal A’malu Binniyat

Baca Juga:
Keutamaan Istighfar dan Perintah untuk Melakukannya - Bagian ke-1 - Bab 371 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama “Hadits Arbain 30 – Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban” ini ke jejaring sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.