Rodja Peduli

Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Penjelasan Makna Lafadz Allah

By  |  pukul 4:08 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 23 Juni 2021 pukul 8:34 am

Tautan: https://rodja.id/337

Penjelasan Makna Lafadz Allah adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 05 Dzulqa’dah H / 16 Juni 2021 M.

Penjelasan Makna Lafadz Allah

Tentang kata {اللَّهُ}, Al-Kisa’i dan Al-Farra’ berkata bahwa asal dari lafadz {اللَّهُ} adalah الإله, dihilangkan hamzahnya kemudian dimasukkan lam pada lam maka akhirnya lam-nya menjadi dua dan diberi tasydid kemudian ditebalkan.

Al-Allamah Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata: “Pendapat yang benar bahwa kata {اللَّهُ} berasal dari kata الإله sebagaimana pendapat Sibawaih (ahli nahwu) dan juga mayoritas sahabat-sahabat beliau kecuali sedikit yang tidak sependapat dengan beliau. Lafadz {اللَّهُ} adalah kata yang mengumpulkan makna-makna atas nama-nama Allah yang husna dan sifat-sifat-Nya yang ‘ulya.

Ulama-ulama yang berpendapat bahwa {اللَّهُ} diambil dari kata الإله, pendapat ini menunjukkan bahwa {اللَّهُ} adalah sifat yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dia adalah sifat ketuhanan seperti seluruh sifat-sifat Allah yang husna seperti Al-‘Alim (Maha Mengetahui), Al-Qadir (Maha Kuasa), As-Sami’ (Maha Mendengar), Al-Bashir (Maha Melihat), dan semisal dengan hal itu.

Adapun penafsiran lafadz {اللَّهُ} sesuai dengan apa yang diriwayatkan kepada kita dari sahabat Nabi, Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau berkata:

هو الذي يألهه كل شيء، ويعبده كل خلق.

Baca Juga:
Mendapatkan Bulan Ramadhan Bisa Mengangkat Derajat

“Dia adalah yang diibadahi oleh setiap sesuatu dan yang diibadahi oleh setiap makhluk.”

Dan Ibnu Jarir memaparkan dengan sanadnya dari Adh-Dhahhak dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau berkata: “Allah adalah yang memiliki uluhiyah dan ubudiyah atas seluruh makhlukNya.”

Bagaimana pembahasan selanjutnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Penjelasan Makna Lafadz Allah” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.