Rodja Peduli

Ayat-Ayat Ahkam

Doa Para Ulama

By  |  pukul 2:18 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 28 Juni 2021 pukul 2:41 pm

Tautan: https://rodja.id/33l

Doa Para Ulama adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 6 Rajab 1442 H / 18 Februari 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Doa Para Ulama

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ ‎﴿٨﴾

Wahai Rabb kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau beri hidayah kepada kami, dan anugerahkanlah kepada kami dari sisi Engkau rahmat, sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi.” (QS. Ali-Imran[3]: 8)

Ini merupakan doanya ulama yang kokoh keilmuannya. Ayat ini datang setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan bahwa manusia terbagi dua dalam menghadapi ayat-ayat mutasyabihat.

Lihat: Ayat-Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat

Penjelasan Doa Para Ulama

Menit ke-8:41 Doa ini didahului dengan lafadz “Rabb”, hal ini karena doa diharapkan darinya pengabulan, dan pengabulan doa masuk dalam kategori perbuatan Allah, dan perbuatan-perbuatan Allah dengan tauhid rububiyah lebih banyak daripada tauhid uluhiyah. Oleh karena itu kebanyakan dari doa dimulai dengan lafadz “Rabb”.

Menit ke-20:22Wahai Rabb kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami…” maksudnya yaitu apabila hati istiqamah dan tidak condong kepada kesesatan, maka jasad ini akan istiqamah juga, aqidahnya akan lurus, perkataannya lurus dan perbuatannya lurus.

Baca Juga:
Perkara Yang Membatalkan Shalat dan Syarat-Syarat Wudhu

Setelah Engkau berikan hidayah keapada kami…” kalimat ini tidak dimaksudkan untuk bangga-banggaan, tetapi maksudnya adalah tawasul dengan nikmat-nikmat yang telah diberi oleh Allah untuk nikmat-nikmat yang berikutnya. Seakan-akan mereka mengucapkan “Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepada kami hidayah, maka kami minta Engkau anugrahkan kepada kami agar hidayah ini tetap dan tidak tersesat.”

Bagaimana penjelasan lengkap doa para ulama ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Para Ulama” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.