Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Pemerintahan Al-Qa’im Biamrillah

By  |  pukul 10:44 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 28 Juni 2021 pukul 3:10 pm

Tautan: https://rodja.id/33n

Al-Qa’im Biamrillah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 19 Sya’ban 1442 H / 02 April 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Singkat Imam Al-Lalika’i

Kajian Tentang Al-Qa’im Biamrillah

Al-Qa’im Biamrillah adalah khalifah yang ke-26. Nama beliau Abdullah bin Ahmad Al-Qadir (Arab: عبد الله القائم بأمر الله أبن أحمد القادر بالله). Beliau lahir di pertengahan bulan Dzulqa’dah, tahun 391 Hijriyah. Ibunya adalah keturunan Armenia, namanya disebut dengan Qotrunnada (Arab: قطر الندى). Beliau menjadi khalifah pada tahun 422 sampai 467 Hijriyah, sekitar 42 tahun.

Al-Qa’im Biamrillah diangkat menjadi khalilfah saat ayah kandungnya wafat. Yang mana sebelumnya sudah mengangkat beliau sebagai putra mahkota. Dan ayahnya juga yang memberi gelar Al-Qa’im Biamrillah kepadanya.

Beliau memiliki wajah yang sangat tampan, rupawan, dan mempunyai postur tubuh yang sangat ideal. Beliau adalah orang yang wara’, menjalankan aturan agama, zuhud dan berilmu.

Ayahnya adalah salah seorang dari ulama syafi’iyyah karena begitu dalamnya ilmu beliau. Tentu tidak diragukan jika anaknya mendapatkan asuhan dan didikan dari orang tuanya sendiri. Orang tuanya juga memiliki kepribadian yang cukup baik, sangat shalih, wara’, taat beragama, zuhud dan berilmu, memililki keyakinan yang kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, suka sedekah dan memiliki kesaabaran yang luar biasa.

Baca Juga:
Allah Umumkan Perang bagi Pelaku Riba

Sifat-sifat ini tentunya sangat ideal bagi seorang pemimpin muslim. Zuhud akan menghalanginya untuk tamak pada kekuasaan dan berbuat dzalim terhadap harta-harta yang dipercayakan kepadanya. Dia bukanlah orang yang berbangga-bangga dengan dunia dan kekuasaannya.

Ini yang perlu dibina dalam generasi kita. Karena sebetulnya yang membuat banyaknya terjadi penyimpangan dalam keuangan negara atau kedzaliman dalam pelaksanaan hukum adalah keinginan yang berlebihan kepada dunia, bukan karena kebutuhan.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Al-Qa’im Biamrillah? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Al-Qa’im Biamrillah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.