Telegram Rodja Official

Tematik

Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Alhamdulillah, kita dapat dipertemukan oleh Allah kepada kesempatan perjumpaan ilmiah dalam kajian interaktif bersama Ustadz Ahmad Zainuddin pada Sabtu malam, 7 Jumadal Ula 1435 / 8 Maret 2014, pukul 20:00 – 21:30 WIB. Dalam ceramah agama tematik dibawakan sebuah judul yang sangat menarik tentang “Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku“.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ تَعَالَى عَلَيْهِمُ الْجَنَّةُ : مُدْمِنُ الْخَمْرِ ، وَالْعَاقُّ ، وَالدَّيُّوثُ ، وَالدَّيُّوثُ الَّذِي يُقِرُّ فِي أَهْلِهِ الْخَبَثَ

“Tiga orang yang telah benar-benar Allah Ta’ala haramkan atas mereka surga: seorang yang kecanduan minuman-minuman yang memabukkan, seorang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan seorang lelaki yang memiliki sifat ad-dayyuts (yaitu) yang membiarkan terjadinya kefasikan (dosa, zina, atau semisalnya) di tengah-tengah keluarganya.” (H.R. Ahmad)

Nah, inilah fenomena…
Selain kita menyatakan kepada wanita muslimah: “Wahai wanita muslimah, jagalah pakaianmu di luar rumah, jangan sampai berdandan sebagaimana engkau berdandan di hadapan suamimu.”
Kita juga harus lihat dari sisi lain, ternyata juga ada kekurangan dari kita, para lelaki, yaitu kekurangannya adalah membiarkan istri-istri kita untuk berdandan di hadapan lelaki yang bukan mahram di luar rumah.

Baca Juga:
Membina Keluarga Sakinah (Ustadz Mukti Ali, Lc.)

Dan para ulama rahimahullahu Ta’ala tentang apa maksud dayyuts, ada beberapa hal. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Al-Munawi dalam kitab At-Taisir bi Syarh Al-Jami’ish Shaghir (التيسير بشرح الجامع الصغير), beliau mengatakan ad-dayyuts adalah suami yang tidak memperhatikan laki-laki yang masuk ke dalam rumahnya.

Suami yang tidak memperhatikan laki-laki yang masuk ke dalam rumahnya, yang di dalam rumahnya tersebut ada istrinya dan ada anak-anak perempuannya, maka ini termasuk lelaki dayyuts. Dia tidak memberikan warning kepada istrinya dan anak-anak perempuannya, bahwasanya laki-laki yang boleh masuk ke dalam rumah adalah Si Fulan dan Si Fulan, kalau ada laki-laki bukan mahram maka jangan sampai dimasukkan ke dalam rumah. Dia tidak memperingatkan istri dan anak-anak perempuannya akan hal ini, maka inilah laki-laki dayyuts. Dan tentunya ini banyak terjadi…

Yang kedua, disebutkan pengertian dayyuts oleh Asy-Syaikh Al-Mubarakfuri dalam kitab beliau, Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Al-Jami’i At-Tirmidzi (تحفة الأحوذي بشرح جامع الترمذي), bahwa ad-dayyuts adalah suami yang tidak menjaga istrinya atau keluarga perempuannya dengan tidak melarang lelaki yang bukan mahram untuk memasuki tempat istrinya atau melihat kepada istrinya.

Pembahasan yang panjang namun sangat menarik, disampaikan dalam ceramah agama sekaligus nasihat yang sangat berharga bagi kita semua, baik Muslimin (laki-laki) maupun Muslimat (wanita) oleh Ustadz Ahmad Zainuddin.

Baca Juga:
Hukum-Hukum yang Khusus tentang Puasa bagi Wanita - Bagian ke-4 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku

Ayo, kita bagi-bagikan kepada saudara-saudara kita, baik MP3 hasil download kajian ini hingga tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khoiron.

10 Comments

  1. muhammad jufri

    Sabtu, 12 April 2014 at 5:39 AM

    ustad, isin donload sebagai perbendaharaan pengetahuan saya tentang islam

    • Radio Rodja

      Sabtu, 12 April 2014 at 7:14 AM

      Silakan didownload seluruh konten di Radio Rodja, akhi, dan silakan bagikan pula hasil download tsb kepada saudara Muslimin kita sebanyak-banyaknya. Semoga jadi amal shalih. Aamiin.

  2. masyudi bae tok

    Selasa, 08 April 2014 at 12:03 AM

    afwan.. ustad.. knp nggak bisa di download.. ana pengen banget ngambil kajian yg ini.. sukran.

    • Radio Rodja

      Selasa, 08 April 2014 at 7:30 AM

      Mohon maaf, sudah kami tes ulang dan alhamdulillah masih lancar didownload hingga sekarang. Bahkan telah didownload sebanyak 4.756 kali saat kami menuliskan balasan ini. Silakan dicoba dengan perangkat lain. Kami hanya memberikan pemberitahuan, bahwa device / gadget semacam iPhone tidak bisa mendownload (secara default) rekaman kajian tersebut, karena default behaviour-nya memang demikian.

      ‘Afwan. Barokallahu fikum.

  3. ummu.husna

    Jumat, 21 Maret 2014 at 9:57 PM

    Alhamdulillah.. ana udah download kajian ini, mudah-mudahan dapat ana amalkan dan bermanfaat bagi ana dan yang lain. aamiin. syukron

  4. siti lutfah

    Rabu, 19 Maret 2014 at 9:13 AM

    koq gk bisa di downlot gimana ust.?

    • Radio Rodja

      Kamis, 20 Maret 2014 at 8:22 AM

      Mohon maaf, sudah kami tes ulang untuk download, dan hasilnya ALHAMDULILLAH bisa didownload dengan baik hingga saat ini. Jumlah file ceramah ini diunduh hingga reply komentar ini diturunkan adalah sebanyak 3.300 kali lebih. Allahul musta’an. Silakan dicek kembali.

  5. ummu 'ammar

    Sabtu, 15 Maret 2014 at 7:03 AM

    Bismillah.Afwan Ustdz,mhn izn downld.Syukran.
    Smg antm sekeluarga dn semua crew Rodja dn tdk terkecuali semua Ustdz2 yg seiman dn seaqidah (kata2 ini ana pnjm dr crew RadioRodja…) sentiasa dijaga ALLAH…,ameen…

  6. anisya noviana

    Selasa, 11 Maret 2014 at 12:56 PM

    bagaimana cara mendownload kajian ini??

    • Abu Azka

      Jumat, 14 Maret 2014 at 11:21 AM

      Silahkan untuk klik pada link yang sudah kami sediakan, [Download]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.