Rodja Peduli

Ayat-Ayat Ahkam

Hakikat Dari Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah

By  |  pukul 10:22 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 06 Agustus 2021 pukul 10:22 am

Tautan: https://rodja.id/35a

Hakikat Dari Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 10 Ramadhan 1442 H / 22 April 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Persaksian Kalimat Laa Ilaaha Illallah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ‎﴿١٨﴾‏‏

Allah bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Dia, Yang menegakkan keadilan. Begitu juga para malaikat dan orang-orang yang berilmu. Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali-Imran[3]: 18)

Persaksian terkadang dengan ucapan dan terkadang bisa dengan perbuatan. Persaksian Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap diriNya sendiri dengan keesaanNya tentang uluhiyahNya di sini seperti persaksian Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa Allah telah menurunkan Al-Qur’an kepadanya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لَّٰكِنِ اللَّهُ يَشْهَدُ بِمَا أَنزَلَ إِلَيْكَ ۖ أَنزَلَهُ بِعِلْمِهِ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَشْهَدُونَ

Akan tetapi Allah bersaksi tentang apa yang telah Allah turunkan kepadamu. Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan dengan ilmuNya dan demikian juga para malaikat bersaksi.” (QS. An-Nisa[4]: 166)

Baca Juga:
Mengembangkan Kekayaan - Bab 222 - Hadits 478-480 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para malaikatNya bersaksi akan keesaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bersaksi kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membawa risalah. Persaksian ini adalah persaksian dari sisi ucapan. Oleh karena itu boleh kita terjemahkan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala menyatakan…

Adapun persaksian yang berupa perbuatan adalah di dalam apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tampakkan dari ayat-ayatNya. Seluruh yang ada dari alam semesta ini bersaksi akan keesaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lisanul hal. Demikian juga penguatan Allah kepada NabiNya Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan diberikannya kemenangan dan akibat yang baik, ini merupakan persaksian bahwa dia adalah utusan Allah yang haq.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Baca Juga:
Menanamkan Akhlak Mulia Pada Anak

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.