Rodja Peduli

Riyadhus Shalihin

Adab Ketika Sedang Dalam Perjalanan

By  |  pukul 8:35 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 6:39 pm

Tautan: https://rodja.id/35f

Adab Ketika Sedang Dalam Perjalanan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 01 Muharram 1443 H / 10 Agustus 2021 M.

Kajian sebelumnya: Doa Ketika Berkendara

Ceramah Agama Islam Tentang Adab Ketika Sedang Dalam Perjalanan

Ketika seorang musafir sedang mendaki gunung atau menanjak ke tempat yang tinggi, hendaknya dia membaca takbir “Allahu Akbar,” secara terus-menerus. Atau juga yang semisal dengan pendakian itu. Misalnya seseorang naik pesawat terbang. Ketika pesawat lepas landas (sedang naik ke atas), maka kita dianjurkan membaca “Allahu Akbar”.

Kita dianjurkan membaca “Allahu Akbar” karena kita melihat ciptaan Allah berupa bumi yang demikian luas. Dan Allah lebih besar dari itu.

Adapun kalau dalam keadaan menurun, maka kita dianjurkan membaca “Subhanallah,” secara terus-menerus.

Ketika membaca “Allahu Akbar” atau “Subhanallah” tersebut, kita tidak dianjurkan untuk berteriak mengangkat suara, tapi ucapkan dengan pelan. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mendengar dan Mengetahui.

Dari Jabir bin Abdillah Al-Anshari Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata:

كُنَّا إذَا صَعِدْنَا كَبَّرْنَا، وإذَا نَزَلْنَا سَبَّحْنَا

“Dahulu kalau mendaki (dalam perjalanan) kami membaca Allahu Akbar, dan kalau menurun (dalam perjalanan) kami membaca Subhanallah.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:
Syarah Aqidah Salaf - Bagian ke-1 - Bekasi 1437 / 2016 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Makna Subhanallah ini sangat luar biasa. Yaitu ketika seseorang mengucapkan Subhanallah (Maha Suci Allah), artinya dia sedang menafikan/membersihkan/mensucikan Allah ‘Azza wa Jalla dari semua sifat-sifat kekurangan yang dinisbahkan oleh orang-orang musyrikin/kafir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Maha Suci dari itu semuanya.

Kalimat Subhanallah adalah kalimat yang sangat mulia, dzikir yang sangat agung. Seorang membacanya di pagi hari dan di petang hari 100 kali:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Maka akan diampuni oleh Allah dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.

Bahkan ketika Nabi Yunus ‘Alaihis Salam diuji oleh Allah ‘Azza wa Jalla berada di dalam perut ikan paus, beliau selalu bertasbih mensucikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beliau berdoa:

…لَّا إِلَٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Tiada sesembahan yang haq kecuali Engkau Ya Allah. Maha Suci Engkau Ya Allah. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang telah berbuat kedzaliman.” (QS. Al-Anbiya[21]: 87)

Hadits Jabir Radhiyallahu ‘Anhu ini menjelaskan kepada kita tentang sunnah atau tuntunan dan adab ajaran Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Adab ini adalah untuk menanamkan dalam diri kita akan keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena seseorang berada di atas, dia melihat yang dibawahnya. Alangkah agungnya ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tetapi yang lebih agung adalah Dzat Allah ‘Azza wa Jalla.

Baca Juga:
Meraih Cinta Allah Dengan Zuhud

Kalau saja alam semesta ini demikian besarnya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Dzat yang Maha Besar. Tidak ada yang lebih besar dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajiannya.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Adab Ketika Sedang Dalam Perjalanan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.