Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 23 Agustus 2021 pukul 9:18 am

Tautan: https://rodja.id/35n

Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 30 Syawal 1442 H / 11 Juni 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Al-Baghawi

Kajian Tentang Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi

Di antara para ulama yang wafat di masa kekuasaan Al-Mustarsyid Billah adalah Imam Abu Bakar At-Turtushi dari salah seorang ulama Malikiyah. Turtushi adalah salah satu daerah di Andalusia atau Spanyol.

Beliau ini cukup fenomenal dari kalangan ulama Malikiyah yang juga konsisten dalam menegakkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sehingga beliau memiliki karya yang fenomenal. Judulnya adalah Al Hawadits wal Bida‘ (الحوادث والبدع). Di dalam kitab tersebut beliau menjelaskan berbagai penyimpangan-penyimpangan dalam praktek ibadah yang dilakukan oleh kaum muslimin yang beliau saksikan.

Kitab ini cukup penting untuk dibaca oleh penuntut ilmu ataupun dibacakan kepada masyarakat agar opini yang dibangun oleh sebagian orang ketika ada nasehat tentang hal-hal yang menyimpang dari sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, mereka selalu mengatakan ini adalah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah atau Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.

Kita ingin buktikan bahwa kita tidak hanya mengambil pendapat ulama-ulama setelah Ibnu Taimiyah, tapi bahkan Ibnu Taimiyah sendiri mengambil ilmu itu dari ulama-ulama sebelumnya.

Baca Juga:
Khutbah Jumat: Tiga Perkara Yang Membinasakan

Dari kitab-kitab para ulama terdahulu kita akan mengetahui apakah ustadz-ustadz yang menjelaskan kepada umat tentang bahaya bid’ah terhadap amalan mereka itu mengada-ada atau memang mereka adalah orang yang betul-betul mengambil faedah dari penjelasan para ulama sebelumnya Ibnu Taimiyah.

Sehingga kita akan tahu bahwa apa yang dijelaskan selama ini bukan keluar dari kepala dan hasil penelitian sendiri, tapi itu diambil dari sumber-sumber kitab ulama yang para ulama tersebut menjelaskan dalil-dalilnya kepada umat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.