Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Ar-Rasyid Billah

By  |  pukul 10:23 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 23 Agustus 2021 pukul 9:17 am

Tautan: https://rodja.id/35o

Ar-Rasyid Billah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 14 Dzulqa’dah 1442 H / 25 Juni 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi

Kajian Tentang Biografi Ar-Rasyid Billah

Ar-Rasyid Billah adalah anak Al-Mustarsyid Billah yang sebelumnya berkuasa. Beliau lahir 502 Hijriyah. Dia diangkat sebagai putra mahkota saat berumur 13 tahun, kemudian diangkat menjadi Khalifah secara resmi setelah mangkanya orangtuanya pada tahun 529 Hijriyah di bulan Dzulqa’dah.

Orang tua beliau sebelumnya mengalami banyak sekali tantangan dari penguasa yang disebut dengan Sultan. Terjadi perselisihan antara Sultan Mas’ud dengan Khalifah Al-Mustarsyid Billah, yang akhirnya orang tua beliau melakukan perlawanan dan kemudian orang tua beliau tertawan. Setelah itu Sultan Mas’ud diberi nasihat oleh saudaranya untuk menghentikan pertempuran karena begitu banyaknya gejolak yang terjadi di wilayah Islam, terutama di kota Baghdad dan beberapa kota lain untuk menentang Sultan Mas’ud.

Akhirnya Khalifah dikembalikan pada posisinya. Ketika dalam perjalan untuk kembali ke Baghdad, ada penyusup sekitar 10 orang dari aliran Batiniyah. Mereka masuk ke dalam bagian dari pasukan pengawal. Ketika khalifah sedang beristirahat di tendanya, 10 orang ini melakukan aksinya untuk menghabisi khalifah dalam perjalanannya, maka akhirnya khalifah terbunuh.

Baca Juga:
Mukadimah - Bagian ke-1 - Kitab Kun Salafiyyan 'alal Jaddah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Inilah sejarah orang tua Ar-Rasyid Billah. Beliau adalah orang yang pemberani, sangat sayang dengan rakyatnya, sehingga beliau dicintai oleh kaum muslimin. Beliau juga memiliki pandangan yang jauh kedepan, sangat baik di dalam memberikan motivasi kepada rakyatnya, pejabat yang dicintai orang umum maupun pejabat khusus. Maka pejabat-pejabat tinggi membaiat anaknya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.