Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Memelihara Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an

By  |  pukul 9:33 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 23 September 2021 pukul 12:55 pm

Tautan: https://rodja.id/37d

Memelihara Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 14 Shafar 1443 H / 21 September 2021 M.

Kajian sebelumnya: Allah Mengangkat Derajat dengan Al-Qur’an

Ceramah Agama Islam Tentang Memelihara Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an

Kita telah sampai pada bab yang membahas perintah untuk senantiasa memperhatikan Al-Qur’anul Karim dan peringatan tentang hal-hal yang menjadikan seseorang lupa kepada Al-Qur’anul karim.

Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata:

عن أَبي موسى – رضي الله عنه – عن النبي – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: «تعاهدوا هَذَا القُرْآنَ، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَهُوَ أشَدُّ تَفَلُّتاً مِنَ الإبلِ فِي عُقُلِهَا» . متفقٌ عَلَيْهِِ

Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda: “Hendaknya kalian selalu bersama Al-Qur’an, maka demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, bahwa Al-Qur’an ini lebih cepat pergi daripada seekor unta yang diikat dengan ikatannya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Hadits ini menjelaskan kepada kita perintah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam agar seseorang senantiasa menjaga Al-Qur’an. Misalnya seseorang pandai membaca dan menghafalnya, maka jangan sampai dia meninggalkan membacanya. Hendaknya selalu dan senantiasa menjaga Al-Qur’an. Hal ini karena jika hafalan yang ada pada seseorang ditinggalkan dalam waktu tertentu, maka Al-Qur’an itu lebih cepat untuk hilang dari dadanya.

Baca Juga:
Khutbah Jumat: Allah Akan Menahan Bencana Jika Kita Banyak Bertaubat

‘Utsman bin Affan Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu berkata:

لو طهرت قلوبنا لما شبعت من كلام الله

“Seandainya hati kita bersih (dari penyakit-penyakit hati), maka tentu dia tidak akan pernah kenyang dengan Al-Qur’anul Karim.”

Hal ini karena memang makanan hati kita adalah wahyu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka tiada hari tanpa Al-Qur’an.

Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata:

وعن ابن عمر رضي الله عنهما: أنَّ رسول الله – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: … «إنَّمَا مَثَلُ صَاحبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ الإِبِلِ المُعَقَّلَةِ، إنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أمْسَكَهَا، وَإنْ أطْلَقَهَا ذَهَبَتْ» . متفقٌ عَلَيْهِِ.

Dari Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘Anhuma beliau berkata, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya perumpamaan seorang yang menghafal Al-Qur’an ibarat seekor unta yang diikat kakinya. Kalau dia senantiasa memperhatikan ikatannya, maka ikatan itu akan tetap terpalihara. Tetapi kalau ikatan itu dilepas, maka unta itu akan lari.”(Muttafaqun ‘alaihi)

Demikianlah Al-Qur’an, kita harus senantiasa memperhatikan, mengulangi dan mencermati hafalan itu agar dia tidak hilang. Maka sudah seyogyanya seseorang yang menghafal Al-Qur’an untuk membagi waktunya sehingga setiap hari dia memuroja’ah Al-Qur’an.

Al-Qur’an sudah diberikan kemudahan kepada kita untuk membaca dan menghafalnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Sungguh telah Kami berikan kemudahan bagi Al-Qur’an untuk dihafal/dibaca, maka apakah ada orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar[54]: 22)

Baca Juga:
Orang Berilmu adalah Orang Kepercayaan Allah

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajiannya.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Memelihara Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.