Rodja Peduli

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 3

By  |  pukul 8:30 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 14 Oktober 2021 pukul 7:54 am

Tautan: https://rodja.id/38d

Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 3 adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 30 Safar 1443 / 07 Oktober 2021 M.

Kajian sebelumnya: Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 2

Ceramah Agama Islam Tentang Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 3

Segi-segi kemuliaan ilmu dibandingkan harta.

  1. Orang yang dihormati/dikedepankan/dimuliakan karena hartanya, ketika hartanya hilang maka hilang juga penghormatan dan pemuliaan pada dirinya. Karena dia mulia dengan sesuatu yang berasal dari luar dirinya.Berbeda dengan orang yang dikedepankan/dihormati/dimuliakan karena ilmunya, ini tidak menambah bagi dirinya kecuali semakin dihormati dan semakin dimuliakan.Makanya orang-orang yang dimuliakan karena harta ini biasanya kemana-mana dia akan bawa hartanya. Yaitu dengan penampilan, perhiasan dan kekayaannya. Ketika suatu saat dia tidak membawa hartanya, maka dia tidak akan bernilai di mata manusia.
  2. Seseorang yang dikedepankan karena hartanya, ini pada hakekatnya celaan bagi dirinya. Karena kalau bukan karena hartanya maka mestinya dia berhak untuk dikebelakangkan dan dihinakan. Adapun dimuliakannya seorang karena ilmunya, maka ini menunjukkan hakekat kesempurnaan pada dirinya. Karena ini berarti mengedepankan dirinya dengan apa yang ada pada dirinya dan sifat yang memang ada padanya.
  3. Orang yang mencari kesempurnaan dengan kekayaan harta itu seperti orang yang ingin mengumpulkan dua hal yang bertentangan (artinya tidak mungkin bisa dikumpulkan). Jiwanya akan cenderung berpaling dari sifat dermawan dan dia menyangka kesempurnaan dirinya adalah dengan menahan hartanya. Musibah ini adalah perkara yang menimpa kebanyakan manusia.Jadilah hati manusia selalu ditarik di antara dua panggilan; yaitu antara dermawan atau kikir. Sehingga hatinya ada pada kedudukan yang saling bertentangan di antara keduanya.
Baca Juga:
Rukun-Rukun Shalat Beserta Penjelasannya

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 2” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.