Rodja Peduli

Tauhid Asma' wa Shifat

Sifat Maji’ dan Ityan

By  |  pukul 3:49 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 15 November 2021 pukul 6:40 pm

Tautan: https://rodja.id/39y

Sifat Maji’ dan Ityan ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 29 Rabiul Awal 1443 H / 5 November 2021 M.

Kajian sebelumnya: Allah Turun Ke Langit Bumi

Kajian Tentang Sifat Maji’ dan Ityan

Di antara sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Al-Maji’ (datang). Bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari kiamat datang untuk melakukan pengadilan (menghisab) manusia. Hal yang demikian itu tentunya sesuai dengan kebesaran dan keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kenapa kita mengimani hal ini tanpa ada keraguan sedikitpun? Jawabnya adalah karena terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits shahih penjelasan tentang sifat tersebut.

Satu hal yang perlu kita tersampaikan. Jika terbesit dalam benak pikiran kita tasbih (penyerupaan) Allah datang. Kemudian kita mulai menghayalkan bagaimana datangnya, apakah pindah/turun dengan DzatNya dan ‘Arsy kosong, karena itu makna ‘datang’ dalam kehidupan kita. Maka makna seperti yang harus kita singkirkan. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Tidak ada yang suatupun yang serupa dengan Allah. Sementara Allah mendengar dan melihat.” (QS. Asy-Syura[42]: 11)

Baca Juga:
Pendidikan Mental Anak - Fiqhul Usrah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Ini prinsip/kaedah yang sangat penting sekali. Allah tetapkan bagiNya pendengaran dan penglihatan. Artinya Allah memiliki sifat yang ditetapkan Allah dan RasulNya dan sifat tersebut tidak menyerupai satupun dari sifat makhluk.

Kenapa kita berani mengatakan bahwa Allah turun ke langit bumi, Allah istiwa’ di atas ‘Arsy, Allah datang pada hari kiamat? Demi Allah, tiada yang menyebabkan kita mengatakannya kecuali karena kita mendapatkan di dalam Al-Qur’an Allah yang menyatakannya dan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menjelaskan tentang hal itu.

Adapun bila terbesit dalam benak pikiran kita berbagai makna-makna yang batil atau pemahaman-pemahaman yang negatif, maka ini harus disingkirkan. Karena kalau terus kita buka peluang dalam pikiran untuk menghayalkan/merenungkan berbagai makna-makna yang negatif tersebut, maka akan berakhir kepada suatu aqidah yang sangat berbahaya, yaitu ta’thil (mengingkari) dengan alasan ingin mensucikan Allah.

Setelah mereka mengingkari, bagaimana memahami makna ayat tersebut? Yaitu mereka mentakwil yang inginya adalah pengingkaran pada maknanya sehingga terjadi berbagai perbedaan dalam mentakwil yang masing-masing berusaha untuk menafsirkannya sesuai dengan latar belakang pemikiran dan juga prinsip dasar yang telah dia cetuskan sebelumnya. Menurut mereka kalau ditetapkan secara zhahirnya berarti akan menyerupai sifat makhluk, itulah penyebab kenapa ahlul kalam mentakwil kemudian mengingkari sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mereka juga menggunakan ayat لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ, tapi tidak dilanjutkan kepada ayat sesudahnya. Pada ayat tersebut ada penafian dan penetapan. Yang dinafikan adalah penyerupaan sedangkan yang ditetapkan adalah sifat-sifat Allah. Berarti menetapkan sifat tidak melazimkan adanya penyerupaan.

Baca Juga:
Melatih Konsisten dan Fokus

Inilah aqidah Salafush Shalih, beginilah mereka beraqidah, inilah keyakinan mereka. Mereka sungguh generasi pilihan yang dipilih untuk menemani RasulNya, yang harus dijadikan sebagai suri tauladan dan pedoman di dalam memahami Al-Qur’an dan hadits. Itulah yang selalu kita sampaikan ‘mengikuti pemahaman Salafush Shalih’.

Sifat Maji’ dan Ityan

Menit ke-25:01 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَجَاءَ رَبُّكَ وَالْمَلَكُ صَفًّا صَفًّا

“Dan datang Rabbmu dan malaikat bershaf-shaf.” (QS. Al-Fajr[89]: 22)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّا أَن يَأْتِيَهُمُ اللَّهُ فِي ظُلَلٍ مِّنَ الْغَمَامِ وَالْمَلَائِكَةُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ…

“Tiada yang mereka nanti-nantikan melainkan datangnya Allah dan malaikat (pada hari kiamat) dalam naungan awan, dan diputuskanlah perkaranya.” (QS. Al-Baqarah[2]: 210)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّا أَن تَأْتِيَهُمُ الْمَلَائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ…

“Tiada yang mereka tunggu kecuali datangnya malaikat kepada mereka atau datang Rabbu atau datang sebagian tanda-tanda kebesaran Rabbmu.” (QS. Al-An’am[6]: 158)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا، وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

“Apabila seorang hamba mendekatkan diri kepadaKu sehasta, maka Aku akan mendekat kepadanya sedepa. Jika dia datang kepadaKu berjalan, Aku datang kepadanya berlari.” (Muttafaqun ‘alaih)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan hal ini dalam konteks memberikan balasan terhadap perbuatan seorang hamba dalam rangka mendekatkan diri dengan melakukan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan di dalam redaksinya terdapat lafadz ‘datang’. Bahwa bila seorang hamba bergegas untuk datang kepada Allah dengan melakukan berbagai amal Shalih dan ketaatan, maka Allah akan bersegera datang untuk membalas perbuatan dan amalan tersebut. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas sesuai dengan jenis amalan, bahkan diperlipatgandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Mengajarkan Anak Untuk Jujur

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian yang lain: silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Sifat Maji’ dan Ityan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.