Rodja Peduli

Tauhid Asma' wa Shifat

Hadits-Hadits Tentang Sifat Kalam

By  |  pukul 1:43 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 25 November 2021 pukul 8:31 am

Tautan: https://rodja.id/3aj

Hadits-Hadits Tentang Sifat Kalam ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 14 Rabi’ul Akhir 1443 H / 19 November 2021 M.

Kajian sebelumnya:  Sifat Kalam

Kajian Hadits-Hadits Tentang Sifat Kalam

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa ada para malaikat yang ditugaskan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk turun ke permukaan bumi ini, memantau, menjaga dan memelihara (dengan izin Allah) hamba-hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ada malaikat yang ditugaskan di malam hari dan malaikat yang ditugaskan di siang hari. Begitu mereka telah menyelesaikan tugasnya di malam hari, mereka akan naik menuju Allah Subhanahu wa Ta’ala melaporkan kondisi hamba-hamba Allah. Maka akan turun malaikat yang berjaga di siang hari. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengetahui kondisi dan perihal para hambaNya. Maka kata Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي

“Kemudian malaikat yang berjaga di malam hari begitu terbit fajar dia akan naik menuju Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah bertanya kepada mereka sementara Allah lebih mengetahui tentang kondisi hambaNya: ‘Wahai para malaikat, bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?'”

Baca Juga:
Setiap Jiwa Akan Mendapati Balasan Dari Perbuatannya

Jadi Allah bertanya kepada malaikat dan malaikat mendengar perkataan Allah. Lanjutan haditsnya:

فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ

“Kemudian malaikat menjawab: ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami juga datang menjumpai mereka dalam keadaan shalat.'” (HR. Bukhari)

Pergantian malaikat tersebut terjadi di waktu shalat fajar dan juga di waktu shalat ashar.

Dari hadits ini banyak pelajaran yang menjelaskan tentang aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Di antaranya bahwa Subhanahu wa Ta’ala Maha Tinggi, sehingga para malaikat naik menuju Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kemudian juga Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki sifat kalam (berbicara). Perkataan Allah bisa didengar sehingga malaikat mendengar perkataan Allah kemudian menjawab pertanyaan yang disampaikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada para malaikat.

Perkataan Allah Subhanahu wa Ta’ala tersebut terjadi sesuai dengan kehendak Allah, kendati secara hukum asal dari perkataan itu adalah Dzatiyah (yang senantiasa menyertai dari Allah). Tapi dalam satuan kalam (perkataan), maka Allah berbicara kapan saja, dimana saja, kepada siapa saja. Maka ini menjelaskan kepada kita tentang sifat kalam yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selanjutnya hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab shahih beliau dalam kitab tauhid. Hadits Abu Hurairah yang menjelaskan tentang keutamaan puasa. Di antara redaksi hadits tersebut:

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ له، إِلَّا الصِّيَامَ

Baca Juga:
Bab tentang Iri dalam Ilmu dan Bab Kisah Nabi Musa dan Khidir - Hadits 73-74 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

“Allah ‘Azza wa Jalla berkata: ‘Seluruh amalan (ketaatan dan ibadah) manusia untuk mereka, kecuali puasa.'”

يَقُولُ الله عَزَّ وَجَلَّ: الصَّوْمُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَأَكْلَهُ وَشُرْبَهُ مِنْ أَجْلِي

“Allah ‘Azza wa Jalla berkata: ‘Puasa itu spesial untukKu dan aku yang langsung memberikan balasan. Disebabkan dia meninggalkan syahwatnya, meninggalkan makanan dan minumannya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.'”

Yang menjadi dalil dalam hadits ini adalah sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Allah Subhanahu wa Ta’ala berbicara.”

Kemudian di antara hadits yang menjelaskan sifat kalam bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab tauhid dalam shahih beliau:

باب كلام الرب عز وجل يوم القيامة مع الأنبياء وغيرهم

“Bab tentang perkataan Rabb ‘Azza wa Jalla pada hari kiamat kepada para Nabi dan selain mereka.”

Kemudian disebutkan hadits syafa’atul udzma, hadits panjang yang menjelaskan tentang bagaimana kondisi umat manusia di akhirat kelak. Kemudian mereka menginginkan agar hisab disegerakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Hadits-Hadits Tentang Sifat Kalam” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Memperbaiki Hati

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.