Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur

By  |  pukul 10:11 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 18 Februari 2022 pukul 2:13 pm

Tautan: https://rodja.id/3dr

Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 12 Rajab 1443 H / 14 Februari 2022 M.

Lihat sebelumnya: Dzikir dan Doa Sebelum Tidur

Kajian Tentang Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur

Di antara doa atau dzikir atau wirid yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk dibaca sebelum tidur adalah dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286. Ini adalah dua ayat yang dianjurkan untuk dibaca dimalam hari sebelum tidur.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Mas’ud Al-Badri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Dua ayat di akhir surah Al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya pada malam hari niscaya itu sudah mencukupinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada beberapa penafsiran yang disampaikan oleh para ulama kita tentang makna ‘mencukupi’ dalam hadits ini. Ada yang mengatakan bahwa maksud ‘mencukupi’ adalah cukup sebagai pengganti shalat malam.

Penafsiran yang kedua, kata sebagian ulama bahwa maksud dari ‘sudah mencukupi’ yaitu sudah cukup untuk perlindungan dari gangguan/godaan setan.

Penafsiran yang ketiga, kata sebagian ulama bahwa maksudnya adalah sudah cukup untuk melindungi dari mara bahaya, baik itu dari binatang, pencuri atau bahaya yang lainnya.

Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata bahwa ayat ini bisa mencukupi kita dari semua yang tadi disebutkan. Oleh karena itu sangat dahsyat membaca ayat ini sebelum tidur.

Lalu bagaimana penjelasan kandungan dari ayat ini? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur

Mari turut membagikan link download kajian “Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.