Masjid Al-Barkah

Mukhtashar Shahih Muslim

Beriman kepada Allah adalah Amalan Yang Paling Utama

By  |  pukul 11:22 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 16 Maret 2022 pukul 11:31 am

Tautan: https://rodja.id/3eq

Beriman kepada Allah adalah Amalan Yang Paling Utama merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 9 Sya’ban 1443 H / 13 Maret 2022 M.

Kajian sebelumnya: Apa Itu Iman dan Penjelasan Perangai-Perangai Iman

Kajian Hadits Beriman kepada Allah adalah Amalan Yang Paling Utama

عَنْ أَبِي ذَرٍّ – رضي الله عنه – قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ: أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: الْإِيمَانُ بِاللَّهِ وَالْجِهَادُ فِي سَبِيلِهِ,” قَالَ, قُلْتُ: أَيُّ الرِّقَابِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: “أَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهَا وَأَكْثَرُهَا ثَمَنًا”, قَالَ, قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ؟ قَالَ: “تُعِينُ صَانِعًا أَوْ تَصْنَعُ لِأَخْرَقَ ,” قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ ضَعُفْتُ عَنْ بَعْضِ الْعَمَلِ؟ قَالَ: “تَكُفُّ شَرَّكَ عَنْ النَّاسِ فَإِنَّهَا صَدَقَةٌ مِنْكَ عَلَى نَفْسِكَ

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Aku berkata kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, amal apa yang paling utama?’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Iman kepada Allah dan berjihad di jalanNya.’ Aku bertanya bertanya: ‘Hamba sahaya seperti apa yang paling utama untuk dimerdekakan?’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Yang paling mahal di sisi majikannya dan yang paling mahal harganya.’ Aku bertanya lagi: ‘Jika aku tidak mampu melakukan itu bagaimana?’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Kamu bantu orang yang bekerja atau kamu berbuat untuk orang yang tidak bisa bekerja.’ Aku berkata lagi: ‘Wahai Rasulullah, bagaimana jika aku lemah dari melakukan sebagian amal?’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Kamu menahan keburukanmu dari manusia, karena sesungguhnya itu sedekah dari kamu untuk dirimu.'” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Hukum Laknat Melaknat Suami Istri dan Hukum Anak Zina

Di antara faidah hadits ini adalah:

Pentingnya mencari amalan yang paling utama

Di antara caranya adalah dengan mengetahui hukumnya apa. Tentu amalan yang wajib lebih utama daripada amalan yang sunnah.

Demikian pula di antara cara untuk mengetahui suatu amalan yang paling utama adalah bahwa dengan memperbaiki hati. Jika kita semakin memperbaiki hati dalam amalan, maka amalan itu semakin utama. Semakin kurang memperbaiki hati maka kurang utama. Dan beberapa yang sudah saya sampaikan kemarin.

Mencari yang paling utama dari setiap amal

Di sini Abu Dzar memberikan pertanyaan yang pertama: “Apa amalan yang paling utama?” Kemudian Abu Dzar bertanya lagi: “Apa hamba sahaya yang paling utama untuk dimerdekakan?” Berarti penting sekali untuk kita mengetahui yang paling utama dari amalan yang hendak kita lakukan.

Sebuah contoh, kalau kita mau shalat lima waktu. Maka kita harus bertanya bagaimana yang paling utama? Ternyata kata Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Shalat berjamaah lebih baik daripada shalat sendirian 27 kali lipat.”

Sekarang antum mau shalat berjamaah, antum bertanya lagi shalat berjamaah yang paling utama bagaimana? Ternyata kata Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Shalat seseorang bersama dua orang lebih utama daripada shalat seseorang bersama satu orang, shalat seorang bersama tiga orang lebih utama daripada bersama dua orang (semakin banyak semakin utama).” Alhamdulillah masjid di sini ramai misalnya.

Baca Juga:
Hukum Mengeluarkan Mani di Luar Kemaluan Istri - Kajian Hadits 1462 - 1468 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Lalu apalagi yang paling utama? Kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجالِ أوَّلُها، وشَرُّها آخِرُها

“Sebaik-baik shaf laki-laki yang pertama dan yang terburuk yaitu yang terakhir.” (HR. Muslim)

Lalu shaf pertama yang paling utama seperti apa? Kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

إِنَّ اللَّه وملائِكَتَهُ يُصلُّونَ عَلَى ميامِن الصُّفوف

“Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bershalawat kepada shaf yang kanan.” (HR. Abu Dawud)

Berarti antum disitu mendapatkan berapa keutamaannya. Sehingga yang kita cari ketika shalat adalah yang paling utama.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Beriman kepada Allah adalah Amalan Yang Paling Utama” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.