Masjid Al-Barkah

Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu

Kesalahan-Kesalahan Yang Berkaitan Dengan Ibadah Adzan

By  |  pukul 5:02 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 28 Maret 2022 pukul 11:07 am

Tautan: https://rodja.id/3f0

Kesalahan-Kesalahan Yang Berkaitan Dengan Ibadah Adzan ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 18 Sya’ban 1443 H / 21 Maret 2022 M.

Download kajian sebelumnya: Sunnah-Sunnah Ketika Mendengarkan Adzan

Kajian Kesalahan-Kesalahan Yang Berkaitan Dengan Ibadah Adzan

1. Kesalahan seseorang yang mendengar adzan ketika di masjid

Di antaranya adalah keluar dari masjid setelah mendengarkan adzan tanpa ada kebutuhan yang mendesak. Ini merupakan tindakan yang dilarang oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Walaupun para ulama berbeda pendapat apakah ini perbuatan yang diharamkan ataukah perbuatan yang dimakruhkan. Namun demikian sudah sepantasnya kita berusaha untuk tidak meninggalkan masjid setelah mendengarkan adzan kecuali apabila ada kebutuhan yang mendesak. Seperti misalnya kebelet, atau misalnya ada panggilan yang mengharuskan kita untuk keluar masjid.

Ketika ada kebutuhan-kebutuhan mendesak yang mengharuskan kita keluar masjid, maka ketika itulah kita baru keluar masjid walaupun kita sudah mendengar adzan sebelum. Kalau tidak ada maka berusahalah semaksimal mungkin untuk tetap di masjid sampai selesai shalat.

Baca Juga:
Perumpamaan Mukmin Seperti Pohon Alang-Alang

Diriwayatkan dari Abu Abu Sya’tsa Rahimahullah, beliau mengatakan:

كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَأَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ الْمَسْجِدِ يَمْشِي فَأَتْبَعَهُ أَبُو هُرَيْرَةَ بَصَرَهُ حَتَّى خَرَجَ مِنَ الْمَسْجِدِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ

“Dulu kami pernah duduk-duduk di masjid bersama sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu. Maka muadzin pun mengumandangkan adzan. Lalu ada seseorang yang beranjak dari masjid (setelah adzan dikumandangkan). Maka sahabat Abu Hurairah pun membawa pandangannya untuk melihat orang sampai orang ini keluar dari masjid. Maka sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu pun mengatakan: ‘Adapun orang ini maka dia benar-benar telah bermaksiat kepada Abul Qashim (Muhammad) Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.'” (HR. Ibnu Majah)

Secara sekilas hadits ini memberikan penjelasan kepada kita akan diharamkannya keluar dari masjid setelah dikumandangkannya adzan apabila tanpa ada kebutuhan yang mendesak. Namun sebagian ulama memaknai larangan ini dengan makna kemakruhan. Sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi Rahimahullahu Ta’ala, beliau mengatakan:

فيه كراهة الخروج من المسجد بعد الأذان حتى يصلي المكتوبة إلا لعذر

“Di dalam hadits ini ada hukum makruhnya keluar dari masjid setelah adzan sampai seseorang shalat fardhu kecuali apabila ada udzur (alasan yang dibenarkan oleh syariat).”

Imam Nawawi Rahimahullah membawa makna larangan atsar dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu dengan makna kemakruhan (tidak sampai pada derajat diharamkan).

Baca Juga:
Kemuliaan Menuntut Ilmu dan Menyebarkannya Ilmu Kepada Umat

Namun karena sebagian ulama yang mengharamkannya, dan itulah makna sekilas dari atsar yang dinukil dari sahabat Abu Hurairah, maka sudah sepantasnya kita berhati-hati dalam masalah ini. Jangan sampai kita keluar masjid ketika adzan sudah dikumandangkan.

2. Kesalahan Muadzin

Menit ke-11:14 Di antara kesalahan muadzin adalah terlalu memanjangkan dan melenggok-lenggokkan suara adzan.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian Kesalahan-Kesalahan Yang Berkaitan Dengan Ibadah Adzan

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Kesalahan-Kesalahan Yang Berkaitan Dengan Ibadah Adzan” penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.