Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Ucapan Seseorang “Siap Menjadi Tebusanmu Bapak dan Ibuku”

By  |  pukul 10:32 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 28 Maret 2022 pukul 1:16 pm

Tautan: https://rodja.id/3f4

Ucapan Seseorang “Siap Menjadi Tebusanmu Bapak dan Ibuku” adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 18 Sya’ban 1443 H / 21 Maret 2022 M.

Kajian Islam Tentang Ucapan Seseorang “Siap Menjadi Tebusanmu Bapak dan Ibuku”

Kita telah sampai pada باب قول الرجل فداك أبي وأمي (Bab tentang ucapan seseorang “Siap menjadi tebusanmu, bapak dan ibuku”). Ungkapan ini tidak dimaksudkan makna yang sebenarnya. Tapi ini ungkapan untuk menumbuhkan cinta, menyirami kasih, sehingga bersemilah cinta di antara orang-orang yang beriman.

Kita dalam bergaul diperintahkan untuk memilih kata-kata yang terbaik. Memanggil saudara kita dengan nama terbaik yang dia miliki, berbicara sama dia dengan intonasi yang lembut, kemudiian kata-kata yang dipilih juga kata-kata yang baik dan tidak sembarangan.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidak beriman seseorang di antara kalian sampai dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai diri sendiri.” (HR. An-Nasa’i)

Tentunya kita tidak ingin ada orang berbicara tidak enak, kita maunya orang itu berbicaranya baik kepada kita. Kalau engkau ingin itu maka tolong bicaralah yang baik kepada saudaranya.

Baca Juga:
Menetapkan Sifat Allah dengan Dalil, Bukan dengan Akal dan Logika

Al-Imam Bukhari menyebutkan sebuah hadits dari Ali bin Abi Thalib. Abdullah bin Syaddad mendengar Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu berkata:

ما رَأَيْتُ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يُفَدِّي رَجُلًا بَعْدَ سَعْدٍ سَمِعْتُهُ يقولُ: ارْمِ فِدَاكَ أَبِي وأُمِّي

“Aku tidak pernah melihat/mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjadikan ayah bundanya sebagai tebusan kecuali untuk Sa’ad bin Abi Waqqash. Aku mendengar beliau berkata: ‘Lepas anak panahmu, menjadi tebusan untukmu ayah dan bundaku.'” (HR. Bukhari)

Tentunya ucapan ini sangat menyenangkan Sa’ad bin Abi Waqqash dan memotivasi dia untuk semakin bersungguh-sungguh membela agama Allah ini.

Siapa Sa’ad ini yang Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah menjadikan ayah bundanya tebusan bagi Sa’ad. Apa keistimewaan Sa’ad bin Abi Waqqash Radhiyallahu ‘Anhu? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Ucapan Seseorang ‘Siap Menjadi Tebusanmu Bapak dan Ibuku'” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Baca Juga:
Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.