Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Ilmu Yang Wajib Dipelajari

By  |  pukul 2:21 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 28 April 2022 pukul 3:53 pm

Tautan: https://rodja.id/3g4

Ilmu Yang Wajib Dipelajari adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 19 Ramadhan 1443 H / 21 April 2022 M.

Kajian sebelumnya: Ilmu adalah Kewajiban dalam Syariat Islam

Ceramah Agama Islam Tentang Ilmu Yang Wajib Dipelajari

Kita masih melanjutkan pembahasan dari pertemuan yang lalu tentang makna hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang hadits ini saling menguatkan dari berbagai jalurnya yang banyak:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim.”

Disini Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menyebutkan bahwa ilmu yang wajib untuk kita pelajari ada dua jenis, yaitu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah.

Fardhu ‘ain yaitu yang wajib bagi setiap muslim, tidak boleh untuk seorang muslim tidak mengetahuinya. Ini ada beberapa macam. Pada pertemuan yang lalu sudah kita sebutkan macam yang pertama, yaitu ilmu yang berkenaan dengan prinsip-prinsip dasar iman. Hal-hal yang disebutkan dalam rukun-rukun iman wajib untuk kita memahaminya sesuai dengan aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Adapun macam yang kedua adalah ilmu yang berhubungan dengan syariat-syariat Islam yang wajib, di antaranya yaitu yang dibutuhkan oleh seorang hamba agar dia bisa menjalankannya dengan benar.

Baca Juga:
Aqidah Shahihah Sumber Berbagai Macam Anugerah

Perkara-perkara yang wajib dalam syariat Islam, maka ini wajib bagi seorang hamba untuk mempelajarinya karena ini menjadikan dia bisa mengamalkan hal tersebut dengan benar sesuai dengan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan petunjuk RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka ini perkara yang wajib untuk dipelajari.

Contohnya seperti ilmu tentang wudhu. Kita mengetahui bagaimana sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam berwudhu, bahkan kita mempelajari cara prakteknya dari orang yang berilmu.

Kemudian berikutnya ilmu tentang tata cara shalat yang benar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Bukhari)

Tentu “melihat” ini maksudnya kita mengikuti seperti yang dipraktekkan oleh para sahabat Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhum Ajma’in yang melihat langsung tata cara shalat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Inilah shalat yang dengan mengikutinya berarti kita telah melaksanakan perintah Allah untuk menunaikan shalat.

Juga tentang tata cara berpuasa yang benar, sesuai dengan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya. Hal ini agar puasa kita tidak sia-sia, agar tidak masuk di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang shahih:

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ

“Berapa banyak orang yang berpuasa tapi bagian yang didapatkan dari puasanya hanya lapar dan dahaga semata-mata.” (HR. An-Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad)

Baca Juga:
Mendidik Anak Memerlukan Konsistensi

Juga tentang tata cara berhaji yang benar sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

خُذُوا عَنِّي مَنَاسِكَكُمْ

“Ambillah dariku tata cara manasik haji dan umrah yang kalian lakukan.” (HR. Muslim)

Kemudian membayar zakat. Lalu hal-hal yang berhubungan dengannya, syarat-syarat untuk sahnya suatu amal, juga hal-hal yang membatalkannya agar kita menjauhinya.

Subhanallah.. Berarti ilmu tentang hal ini wajib. Kalau tidak ada keutamaan ilmu selain dengan mempelajarinya menjadikan kita bisa menunaikan kewajiban-kewajiban dalam Islam dengan benar, maka cukup ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan menuntut ilmu agama.

Apalagi ilmu yang wajib dipelajari? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Ilmu Yang Wajib Dipelajari” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.