Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Orang Tua Wajib Bertakwa Kepada Allah Dalam Urusan Anak-Anaknya

By  |  pukul 10:22 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 15 Juni 2022 pukul 9:20 am

Tautan: https://rodja.id/3h4

Orang Tua Wajib Bertakwa Kepada Allah Dalam Urusan Anak-Anaknya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 6 Dzulqa’dah 1443 H / 6 Juni 2022 M.

Kajian sebelumnya: Tidak Ada Ketaatan Dalam Maksiat

Orang Tua Wajib Bertakwa Kepada Allah Dalam Urusan Anak-Anaknya

Wajibnya orang tua bertakwa kepada Allah dalam urusan anak-anak mereka ini diambil dari wasiat-wasiat Luqman Al-Hakim. Ini menunjukkan perhatian Luqman kepada putranya. Maka kita hendaknya mencontoh kepada Luqman Al-Hakim. Kita pun mengajarkan kebaikan dan memberikan wasiat kepada anak-anak kita.

Bagi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala anugrahi anak, maka hendaknya dia tahu bahwa ia akan dimintai pertanggungjawaban kelak di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang apa yang diajarkannya kepada anaknya. Apakah diajarkan membaca Al-Qur’an atau bernyanyi? Apakah diajarkan sedekah atau mencuri? Apakah diajarkan adab yang tinggi atau menjadi anak yang durhaka, pemarah dan seterusnya. Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabnya dari apa yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan dia akan dimintai pertanggungjawaban dari apa yang dia pimpin. Begitu juga wanita adalah pemimpin di rumah tangganya (setelah suaminya) dan dia akan dimintai pertanggungjawaban dari apa yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:
Nikmatnya Mengalahkan Nafsu dan Setan

Oleh karena itu perhatikan rumah kita. Jangan sampai masuk ke dalamnya maksiat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا…

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.” (QS. At-Tahrim[66]: 6)

Perlu kita ketahui bahwa anak merupakan nikmat yang besar. Dimana Syaikh Rahimahullah berkata bahwa nikmat itu akan senantiasa ada, akan menyertai hambaNya, dan akan dijaga oleh Allah dengan cara bersyukur. Dan nikmat itu akan dicabut oleh Allah karena kekufuran dan kemaksiatan. Begitu juga anak-anak yang Allah titipkan kepada kita semua.

Bagaimana cara orang tua bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas nikmat anak? Jawabannya adalah dengan cara orang-orang tua menunaikan hak-hak dari anak-anak mereka.

Apa saja hak anak-anak kita? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Baca Juga:
Bab Zakat Bagian dari Islam dan Bab Mengiringi Jenazah Bagian dari Iman - Hadits 46-47 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.