Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Orang Berilmu adalah Orang Kepercayaan Allah

By  |  pukul 2:54 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Juni 2022 pukul 2:40 pm

Tautan: https://rodja.id/3hr

Orang Berilmu adalah Orang Kepercayaan Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 23 Dzul Qa’dah 1443 H / 23 Juni 2022 M.

Kajian sebelumnya: Empat Golongan Manusia Perusak Islam

Ceramah Agama Islam Tentang Orang Berilmu adalah Orang Kepercayaan Allah

Kita telah sampai pada segi ke-112 dari keutamaan dan kemuliaan ilmu. Ibnul Qayyim Rahimahullah menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan orang-orang yang memahami ilmu agama sebagai orang-orang yang terpercaya untuk menjaga agama dan wahyu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah meridhai mereka untuk menjaga agama ini, menegakkannya dan membelanya.

Subhanallah, mereka benar-benar hamba-hamba Allah yang dipilih untuk menegakkan tugas yang mulia ini karena siapa yang menjaga agama setelah wafatnya para Nabi dan para Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam, siapa yang mendakwahkan dan mengajak manusia untuk berpegang teguh dengannya? Tentu para ulama Ahlus Sunnah.

Maka cukuplah ini menunjukkan kepada kita tentang kemuliaan yang agung bagi orang-orang yang membawa agama Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ ۚ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُم مَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ ‎﴿٨٨﴾‏ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ۚ فَإِن يَكْفُرْ بِهَا هَٰؤُلَاءِ فَقَدْ وَكَّلْنَا بِهَا قَوْمًا لَّيْسُوا بِهَا بِكَافِرِينَ ‎﴿٨٩﴾

Baca Juga:
Mencintai Karena Allah

“Itulah petunjuk Allah, yang Allah berikan petunjuk itu kepada siapa yang dikehendakiNya dari hamba-hambaNya. Seandainya mereka melakukan perbuatan syirik maka sungguh akan gugur amal-amal yang dulu mereka kerjakan. Merekalah orang-orang yang Kami berikan Al-Kitab, hukum dan kenabian. Kalau orang-orang kafir itu mengingkarinya, maka sesungguh telah Kami berikan kepercayaan untuk membawa ilmu agama ini kaum yang mereka itu tidak mengingkarinya.” (QS. Al-An’am[6]: 88-89)

Jelas sekali Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan jika ada orang-orang kafir yang menentang dan tidak mau menerima petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka Allah telah memilih hamba-hamba yang diistimewakanNya untuk menerima agama ini, membawa, menegakkan, membela dan menyebarkannya kepada manusia.

Inilah yang disebutkan dalam ayat ini untuk menggambarkan kemuliaan para ulama yang mengikuti jalannya para Nabi para Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam.

Ada yang menafsirkan ayat ini bahwa yang dimaksud dengan “satu kaum” yang mereka akan membawa agama ini, yaitu maksudnya mereka-mereka ini adalah para Nabi ‘Alaihimush Shalatu was Salam. Ada juga yang menafsikan mereka ini adalah para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ada juga yang menafsirkan setiap orang beriman yang memahami agama, mengamalkan, menegakkan, dan membelanya. Ini adalah kesimpulan dari pendapat para ulama tentang tafsir ayat ini setelah banyak pendapat yang bercabang-cabang tentang siapakah yang dimaksud dengan kaum tersebut.

Baca Juga:
Hak-Hak Harta - Bagian ke-1 - Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Orang Berilmu adalah Orang Kepercayaan Allah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.