Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Ilmu Adalah Perbendaraan Yang Sangat Berharga

By  |  pukul 10:34 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 04 Agustus 2022 pukul 8:58 am

Tautan: https://rodja.id/3j1

Ilmu Adalah Perbendaraan Yang Sangat Berharga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 28 Dzulhijjah 1443 H / 28 Juli 2022 M.

Kajian sebelumnya: Kebahagiaan Ketika Dipercaya Menyampaikan Agama Allah

Ceramah Agama Islam Tentang Ilmu Adalah Perbendaraan Yang Sangat Berharga

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata bahwa setiap orang yang memiliki barang untuk diperjualbelikan selain ilmu, jika dia mengetahui bahwa ada barang lain yang lebih bagus dari barang yang dimilikinya, maka dia langsung tidak menginginkan lagi barang yang dimilikinya tersebut, justru dia menginginkan barang lain yang lebih bagus itu dan dia ingin kalau seandainya barang yang lain itu bisa menggantikan barang yang dimilikinya. Ini berlaku bagi semua orang yang memiliki barang dagangan kecuali orang yang memiliki ilmu agama. Orang yang memiliki ilmu agama tidak menginginkan sama sekali ada pengganti hal yang lain dari ilmu yang dimilikinya.

Ini jelas merupakan keutamaan dan kemuliaan yang sangat tinggi. Bahwa kalau orang lain bisa berambisi untuk mendapatkan dari sesuatu yang dimilikinya digantikan dengan yang lain, maka orang yang memiliki ilmu tidak akan mau menggantikannya dengan selainnya. Yang dia inginkan hanya mempertahankan atau menambah dan meningkatkan ilmunya.

Baca Juga:
Rukun Wudhu atau Wajib-Wajib Wudhu

Imam Abu Ja’far Ath-Thahawi berkata: “Suatu hari aku sedang duduk bersama Ahmad Ibnu Abi Imran. Ketika itu tiba-tiba lewat orang kaya pengejar dunia. Maka akupun melihat kepada laki-laki itu sehingga melupakan pelajaran yang sedang aku lakukan sebelumnya. Maka Ahmad Ibnu Abi Imran berkata kepadaku: ‘Seolah-olah kamu sedang memikirkan untuk mendapatkan perhiasan dunia yang Allah berikan kepada orang tersebut.’ Aku jawab: ‘Memang iya.’

Ahmad Ibnu Abi Imran berkata: ‘Apakah kamu mau aku tunjukkan tentang kebutuhan yang sesungguhnya? Apakah kamu mau kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepadamu harta yang ada pada orang ini kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepada orang ini ilmu yang ada padamu sehingga kamu hidup kaya tapi jahil dan orang itu kemudian hidup dalam keadaan berilmu tapi dia miskin.’

Maka aku katakan: ‘Aku tidak pernah memilih Allah Subhanahu wa Ta’ala menggantikan ilmu yang ada padaku dengan harta yang ada pada orang tersebut. Karena ilmu itu adalah kekayaan tanpa harta, kemuliaan tanpa ada anggota keluarga, kekuasaan tanpa ada prajurit atau pengawal yang membantu.'”

Ini pernyataan dari ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang menyebutkan tentang kemuliaan ilmu. Sehingga meskipun harta itu sesuatu yang dikejar oleh kebanyakan manusia, akan tetapi ilmu adalah kekayaan yang sesungguhnya dan kemuliaan yang sejati. Kekayaan tanpa harta adalah kemuliaan yang tidak membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain selain taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Pendidikan Mental Anak - Fiqhul Usrah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Makanya kita masih ingat pernyataan sebagian dari para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengatakan:

لو علم الملوك وأبناء الملوك ما نحن فيه لجالدونا عليه بالسيوفهم

“Seandainya para raja dan para pangeran mengetahui kenikmatan yang kami rasakan dengan menuntut ilmu dan mengamalkannya, maka pasti mereka akan berusaha memerangi kami untuk merebut kenikmatan tersebut dengan senjata mereka.”

Seorang penyair mengatakan bahwa ilmu adalah perbendaharaan dan simpanan harta yang tidak akan pernah habis. Dia adalah sebaik-baik yang menyertai seseorang jika dia memilikinya. Terkadang seseorang bisa mengumpulkan harta tapi kemudian dia kehilangan harta tersebut kemudian sebentar lagi dia akan merasakan kehinaan dan kerendahan. Adapun orang yang mengumpulkan ilmu selalu kenikmatannya diinginkan orang lain dan dia tidak pernah mengkhawatirkan ilmu itu akan hilang dan berlalu dari dirinya. Wahai orang yang mengumpulkan ilmu, sungguh sebaik-baik simpanan yang engkau kumpulkan janganlah sekali-sekali engkau membandingkannya dengan permata dan emas.

Ini menunjukkan kepada kita tentang agungnya kemuliaan ilmu. Bahwa ini adalah merupakan perhiasan yang tidak tergantikan dengan apapun. Karena ilmu adalah sebab yang menjadikan indahnya iman menghiasi hati kita, nikmatnya bertauhid dan beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu menjadi penyejuk dan penenang di hati dan jiwa kita.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Baca Juga:
Apakah Penyakit Kesurupan Menggugurkan Dosa?

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Ilmu Adalah Perbendaraan Yang Sangat Berharga” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.