Masjid Al-Barkah

Tafsir Al-Quran

Terkadang Pertanyaan Membawa Kebinasaan – Surah Al-Baqarah 246

By  |  pukul 8:48 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 9:05 am

Tautan: https://rodja.id/3j7

Terkadang Pertanyaan Membawa Kebinasaan – Surah Al-Baqarah 246 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa, 4 Muharram 1444 H / 2 Agustus 2022 M.

Download kajian sebelumnya: Luasnya Karunia dan Pemberian Allah – Surah Al-Baqarah 245

Terkadang Pertanyaan Membawa Kebinasaan – Surah Al-Baqarah 246

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَلَمْ تَرَ إِلَى الْمَلَإِ مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ بَعْدِ مُوسَىٰ إِذْ قَالُوا لِنَبِيٍّ لَهُمُ ابْعَثْ لَنَا مَلِكًا نُقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ قَالَ هَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ أَلَّا تُقَاتِلُوا ۖ قَالُوا وَمَا لَنَا أَلَّا نُقَاتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَدْ أُخْرِجْنَا مِنْ دِيَارِنَا وَأَبْنَائِنَا ۖ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ تَوَلَّوْا إِلَّا قَلِيلًا مِنْهُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ

“Tidakkah kamu melihat kepada para pembesar dari Bani Israil setelah Musa, ingatlah ketika mereka berkata kepada Nabi mereka: ‘Utuslah untuk kami seorang raja untuk agar kami bisa berperang di jalan Allah’. Lalu Nabi itu berkata: ‘Barangkali apabila diwajibkan atas kalian berperang kalian malah tidak ikut berperang’. Maka mereka berkata: ‘Mengapa kami tidak ikut berperang di jalan Allah, sementara kami sudah dikeluarkan dari negeri-negeri kami dan anak-anak kami?’ Kemudian ketika telah diwajibkan atas mereka peperangan, merekapun berpaling kecuali sedikit saja dari mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang dzalim.” (QS. Al-Baqarah[2]: 246)

Baca Juga:
Hadits-Hadits Nabi Tentang Pendidikan

Musibah diserahkan pada ucapan

Terdapat peribahasanya orang-orang Arab dari semenjak zaman dahulu, dan memang ada atsar dari sebagian ulama yang mengatakan demikian, seperti Ibrahim An-Nakha’i yang mengatakan: “Aku ingin berbicara dengan suatu pembicaraan dan tidak ada yang mencegahku untuk berbicara kecuali karena aku khawatir ucapanku ini menjadi musibah.”

Karena Nabi berkata kepada mereka: “Barangkali apabila diwajibkan kepada kalian peperangan kalian malah tidak ikut berperang.” Dan ternyata perkiraan Nabi ini benar, saat dimana mereka diwajibkan peperangan ternyata mereka malah tidak mau ikut berperang.

Maka dari itu hati-hati dalam berbicara, jangan sampai kemudian pembicaraan kita malah menjadi musibah untuk kita.

Terkadang pertanyaan membawa kebinasaan

Sebagian pertanyaan terkadang menjadi akhir kebinasaan atas orang yang bertanya. Ini juga sebagaimana firman Allah dalam ayat yang lain:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَسْأَلُوا عَنْ أَشْيَاءَ إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ…

“Hai orang-orang yang beriman, jangan kamu bertanya tentang sesuatu jika dijawab kepada kalian malah menyusahkan kalian…” (QS. Al-Ma’idah[5]: 101)

Adapun dizaman sekarang dimana syariat sudah sempurna, maka tentu dizaman sekarang yang dilarang dari pertanyaan yaitu pertanyaan-pertanyaan yang tidak menimbulkan amal sama sekali, atau malah pertanyaan-pertanyaan yang isinya membuat kita ragu kepada Allah dan syariat, demikian pula pertanyaan tentang sesuatu yang jauh untuk terjadi.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Baca Juga:
Pengertian dan Hukum Syirik Kecil

Download MP3 Kajian

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian “Terkadang Pertanyaan Membawa Kebinasaan – Surah Al-Baqarah 246” ini ke facebook, twitter dan yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.