Masjid Al-Barkah

Ayat-Ayat Ahkam

Tafsir Ali Imran Ayat 59 – Perumpamaan Penciptaan Nabi Isa

By  |  pukul 9:25 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 9:02 am

Tautan: https://rodja.id/3ja

Tafsir Ali Imran Ayat 59 – Perumpamaan Penciptaan Nabi Isa adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 6 Muharram 1444 H / 4 Agustus 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 59 – Perumpamaan Penciptaan Nabi Isa

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah telah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: ‘Jadilah’, maka jadilah dia.” (QS. Ali Imran[3]: 59)

Telah berlalu pembahasan bahwa ayat-ayat ini turun ketika datang utusan dari Najran yang mana mereka adalah orang-orang Nashara, mereka mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kedatangan mereka di tahun 9 Hijriyah. Dimana pada tahun itu banyak sekali orang-orang yang mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Oleh karena itu di tahun ke-9 Hijriyah ini disebut dengan ‘ammul wufud atau sanatul wufud. Ini merupakan salah satu sebab Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak berhaji di tahun ke-9 Hijriyah. Padahal Mekah sudah dibuka dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sudah menguasai kota Mekah di tahun ke-8 Hijriyah. Dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam baru melaksanakan haji di tahun 10 Hijriyah.

Baca Juga:
Keutamaan Bulan Sya'ban Yang Terlalaikan

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam ayat ini “Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam.” Adam  diciptakan oleh Allah tanpa ayah dan tanpa ibu, Allah menciptakannya dari tanah.

Urusan Isa di sisi Allah seperti Nabi Adam, tidak berbeda. Sebagaimana kita sepakat bahwa Adam diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala tanpa ayah ibu, dan orang-orang Nashara itu beriman tentang hal ini, maka bagaimana mereka berkata “Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan Isa tanpa bapak, kalau begitu ia adalah anak dari Tuhan”, na’udzubillah.

Orang-orang Nashara berkata: “Sesungguhnya Isa anak Allah, bagian dari Allah.” Dan mereka tidak mengatakan bahwa Adam anak Allah. Padahal seandainya ada di antara manusia yang mengklaim dia adalah anak Allah, maka tentunya yang lebih berhak adalah Adam. Karena dia diciptakan tanpa bapak ibu, adapun Isa punya ibu. Sedangkan ibu adalah satu dari dua orang tua.

Download MP3 Kajian Tafsir Ali Imran Ayat 59 – Perumpamaan Penciptaan Nabi Isa

Mari turut membagikan link download kajian “Tafsir Ali Imran Ayat 59 – Perumpamaan Penciptaan Nabi Isa” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Hukum Darah Istihadhah

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.