Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Amal Yang Ditanyakan Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

By  |  pukul 9:59 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 29 Agustus 2022 pukul 10:12 am

Tautan: https://rodja.id/3jr

Amal Yang Ditanyakan Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 25 Muharram 1444 H / 23 Agustus 2022 M.

Kajian sebelumnya: Keutamaan Puasa Arafah

Amal Yang Ditanyakan Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وَعنْهُ قال : سُئِلَ النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : أَيُّ العَمَلِ أَفضَلُ ؟ قال : « إيمانٌ بِاللَّهِ ورَسُولِهِ» قيل : ثُمَّ ماذَا ؟ قال : « الجِهَادُ في سَبِيلِ اللَّهِ » قيل : ثمَّ ماذَا ؟ قَال : « حَجٌ مَبرُورٌ » متفقٌ عليهِ .

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Pernah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ditanya: ‘Amalan apakah yang paling afdhal?’ Maka dijawab oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: ‘Iman kepada Allah dan iman kepada RasulNya.’ Kemudian ditanyakan lagi: ‘Lalu amal apakah yang paling afdhal?’ Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: ‘Berjihad di jalan Allah.’ Kemudian ditanya lagi: ‘Lalu amal apa lagi yang paling afdhal?’ Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: ‘Haji yang mabrur.'” (Muttafaqun ‘alaihi)

Di dalam hadits ini kita melihat tentang semangat para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in dalam bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan sangat berarti. Dan pertanyaan-pertanyaan para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum itu pada umumnya adalah untuk mereka mengamalkannya, bukan sekedar bertanya.

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 75 - 76 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Inilah kualitas pertanyaan para sahabat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka ingin untuk meningkatkan amal-amal kebaikan mereka, bukan pertanyaan untuk menimbulkan fitnah, bukan pertanyaan untuk menguji seseorang. Tetapi pertanyaan untuk diamalkan.

Barisan terdepan para Salaf adalah para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in. Kita mengenal mereka, semangat mereka untuk berilmu dan beramal. Mereka hadir di majelis Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk mendapatkan ilmu dan ilmu itu diamalkan. Ilmu tidak sekadar dibuat bahan untuk ceramah, tetapi lebih dari itu adalah untuk diamalkan. Dan itulah buah dari ilmu.

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan, ilmu yang memberikan perubahan pada pribadi seseorang kepada yang lebih baik. Makanya Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam mengajarkan kepada kita doa memohon perlindungan kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat.

اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسِ لاَ تَـشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يَسْـتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari hati yang tidak pernah khusyu’, dan dari nafsu yang tidak pernah kenyang dan dari do’a yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim)

Intinya bahwa para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in ketika bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, mereka bertanya untuk diamalkan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Baca Juga:
Ditiupnya Sangkakala Kedua

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Amal Yang Ditanyakan Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.